CERAMAH DAN KAJIAN ISLAM

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK: Komunitas Misykat

BAHAN BACAAN

Tazkirah Ramadhan: Basyar

image

Al-Quran pada beberapa ayat memperkenalkan manusia dengan istilah Basyar. Di antaranya: "Sesungguhnya Aku menciptakan Manusia (Basyar) dari tanah" (QS 38:71); "Dan perempuan-perempuan itu berkata 'Demi Tuhan ini bukanlah manusia' (Basyar)" (QS 12:31).

Secara Bahasa Basyar adalah kulit manusia yang terluar atau juga tampilnya sesuatu dengan kebaikan dan keindahan. Manusia disebut sebagai Basyar karena manusia ditutupi oleh bentuk tubuh yang indah yang berbeda dari makhluk yang lain. Dengan tubuhnya yang luar biasa manusia mampu berlari, memanjat, melompat dan sebagainya. Yang mengatasi kemampuan makhluk lainnya.

Sebagai Basyar, manusia tidak lepas dari kodrat alamiah sebagai sebuah kebutuhan tubuh fisik untuk makan, minum, syahwat dan hal-hal yang bersifat biologis lainnya.

Al-Qur'an menggambarkan: "Bagaimana mungkin aku mendapatkan anak padahal aku belum pernah disentuh manusia (Basyar)" (QS 19:20); "Sesungguhnya aku ciptakan kamu dari tanah maka jadilah kamu manusia (Basyar)" (QS 30:20).

Jadi, ketika Rasulullah Saw menyebutkan dirinya sebagai manusia (Basyar) seperti kita bahwa dirinya secara alami tidaklah berbeda dengan manusia lainnya. Dirinya memiliki kodrat alamiah, tetapi dari ruhaniah tentu berbeda kualitas dari seluruh manusia yang ada.***

Kholid Al-Walid adalah dosen STFI sadra

Fri, 18 May 2018 @10:11

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved