AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Mengubah Ciptaan Allah

image

Soal: Kalau begitu, apa yang Allah maksudkan dengan ciptaan Allah? 

Jawab: Jawabannya tercakup dalam ayat: (Tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah tersebut. Tidak ada perubahan pada ciptaan (fitrah) Allah. Itulah agama yang lurus (QS. ar-Rum: 30). Jadi, ciptaan Allah artinya fitrah manusia, yaitu beriman kepada Tuhan yang satu.

Karena itu, siapa saja yang ingin mengubah fitrah manusia dengan cara mengalihkannya (fitrah tersebut) dari tauhid kepada kemusyrikan, maka perbuatannya sama dengan perbuatan setan dalam menjauhkan manusia dari Allah dan dari mempercayai satu Tuhan.

Dengan demikian: dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah) lalu benar-benar mereka mengubahnya artinya setan akan mengubah fitrah manusia, yang telah disebutkan dalam ayat sebelumnya. Dalam beberapa riwayat disebutkan ciptaan Allah mengacu pada alam. Oleh karena itu, amat jelas bahwa peranan setan yang paling besar tidak berkaitan dengan sifat fisik dan medis sesuatu.

Ada pun mengenai merusak diri sendiri itu tidak dibolehkan bila tidak ada manfaat yang mengatasi kerusakan tersebut. Adalah hal yang normal apabila seorang lelaki yang berusaha mengubah diri menjadi seorang wanita mesti melewati masa sulit (yang menjadikan operasi tersebut menguntungkan, dan menggantikan kerusakan yang telah terjadi yang disebabkan oleh operasi tersebut). *** 

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Soal Jawab Fikih Kontemporer. Cianjur: Titian Cahaya, 2005)

 

Fri, 29 Jun 2018 @09:24

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved