Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah: Lingkungan Berpengaruh dalam Pendidikan

image

Tanya: Bagaimana Anda meluruskan peran lingkungan yang meliputi anak, terutama lantaran banyaknya faktor yang turut memainkan andil dan memberikan pengaruh sangat besar terhadap anak, hari demi hari?

Jawab: Dalam hal kandungan dan pengaruhnya, lingkungan masyarakat serupa dengan lingkungan alam. Lingkungan alam yang sesuai bagi pendidikan manusia adalah lingkungan yang apabila manusia melihat, mendengar, menyentuh, atau menciumnya, maka dia akan terhantar pada kebahagiaan, ketenteraman, kesejahteraan, keindahan, dan sebagainya. Dan lingkungan alam yang tidak sesuai akan memberikan pengaruh dalam diri manusia berupa kesempitan, keruwetan, kesedihan, dan sebagainya.

Sesungguhnya, pengaruh lingkungan masyarakat sama persis seperti pengaruh lingkungan alam, tetapi lingkungan masyarakat berhubungan dengan sisi spiritual manusia dan lingkungan alam berhubungan dengan sisi material manusia. Lingkungan masyarakat yang menyimpan kebahagiaan, toleransi, cinta, norma spiritual dan moral, serta keimanan, akan meninggalkan dampak positif bagi kepribadian anak dan kaum dewasa. Sedangkan lingkungan masyarakat yang dipenuhi permusuhan, kebencian, penyimpangan, kekafiran, kekerasan, dan sebagainya, akan meninggalkan pengaruh negatif yang akan menguasai emosi, pemikiran, dan tabiat anak.

Oleh karena itu, pengaruh lingkungan adalah pengaruh pasti dalam sisi positif dan negatifnya, karena jiwa manusia "bernafas" di udara lingkungan masyarakat. Sebagaimana tubuh manusia bernafas di udara lingkungan alam. Pengaruh-pengaruh lingkungan mampu menembusi perasaan, emosi, dan rasio manusia secara tidak langsung. Oleh karena itu, pengaruh lingkungan menjadi semakin besar dalam situasi lalai manusia. 

Islam telah menjelaskan tentang pengaruh kuat lingkungan dalam hadis: setiap bayi dilahirkan atas fitrah, hanya saja kedua orang tuanya yang membuatnya menjadi Yahudi, Majusi, atau Nasrani. Di sini, terdapat penekanan bahwa kedua orang tua sangat berperan dalam memberikan pengaruh terhadap anaknya secara langsung, sebelum faktor lain. Oleh karena itu, Islam melarang pernikahan dengan wanita cantik yang berasal dari keluarga bejat. Dalam sebuah hadis terkenal disebutkan: “Janganlah kalian menikahi hadhra' al-diman.” Para sahabat bertanya: “Siapakah hadra' al-diman itu?” Rasulullah saw menjawab: “Wanita cantik yang berasal dari keluarga yang buruk.”

Keluarga yang jahat akan menanamkan dampak negatif dalam diri wanita cantik dan menjadikannya "buruk hati", meskipun secara lahiriah menyandang keindahan rupa. Oleh karena itu, ketika terjadi problema pendidikan atas anak, maka para pendidik harus mampu menembusi kedalaman jiwanya guna mempelajari sejauh mana pengaruh negatif lingkungan pada kepribadiannya. Ini sama persis seperti seorang dokter yang menganalisa adanya bibit penyakit pada orang yang (tampak) sehat. Setelah itu, "sang dokter" mengobati penyakitnya dengan cara mengisolasinya dari lingkungan atau memberikan pencegahan dari dalam yang akan mengurangi pengaruh negatif lingkungannya, seperti dengan pendidikan yang tepat; menampakkan kasih sayang, memberikan kehangatan, dan menuntunnya dengan nasihat.

Kita dapat membayangkan betapa besar pengaruh lingkungan bagi kepribadian anak, pemuda, orang tua, dan wanita. Meski demikian, di hadapan manusia, masih terbuka ventilasi udara segar yang dapat digunakannya untuk bernafas. Dan para pendidik harus memanfaatkan "lubang ventilasi" yang disisakan lingkungan bagi kepribadian manusia. Agar mereka mampu menembusinya dan menuju pada penyiapan sarana-sarana penyembuhan yang sesuai bagi setiap problema yang dihadapi manusia. Inilah yang ditunjukkan oleh pengalaman manusia, yang sering berhasil mengalahkan pengaruh-pengaruh lingkungan. Tak ayal, persoalan ini membutuhkan ketelitian, sikap bijak, kesadaran, dan kecerdasan dalam memahami tabiat pengaruh (lingkungan) tersebut beserta penanganannya.***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Fri, 6 Jul 2018 @09:05

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved