Kegagalan dalam Mendidik Anak

image

Tanya: Dapatkah kita pahami bahwa tidak ada hiasan bagi sebuah keluarga bila terjadi kegagalan dalam mendidik anak-anak mereka?


Jawab: Di sini, terdapat sebuah persoalan di mana kita harus memosisikan diri kita sebagai pendidik dan orang-orang yang memperbaiki masyarakat. Maksudnya, setiap orang di antara kita hendaknya tidak (menganggap telah) melakukan pengorbanan secara sia-sia. Kita bertanggung jawab untuk menjalani pengalaman demi pengalaman, atas dasar kita mendapatkan pengampunan di hadapan Allah dan diri kita sendiri. Apabila kita berhasil, maka alhamdulillah. Dan bila belum berhasil, maka kegagalan kita bukan merupakan buah dari kesalahan, tetapi dikarenakan kondisi yang tidak berasal dari kita. Pada saat itulah, kita mesti memulai upaya baru lagi.

Inilah yang bisa kita simpulkan dari setiap kalimat suci yang Allah wahyukan kepada Nabi-Nya: Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberikan petunjuk (taufik) kepada siapa yang dikehendaki-Nya (QS al-Baqarah: 272). Maksudnya, engkau (wahai Muhammad) memiliki sebagian sarana terbatas untuk memberikan hidayah kepada manusia. Akan tetapi, engkau tidak mampu menguasai setiap manusia.

Oleh karena itu, kita harus meningkatkan segala upaya kita dalam mengembangkan metode-metode pendidikan yang sesuai, dengan mengikuti perkembangan pengaruh-pengaruh negatif dan positif yang meliputi anak.
 
Seringkali problema keluarga dengan anak-anak mereka mengacu pada tidak adanya perhatian akan dimensi kejiwaan anak. Mereka tenggelam dalam problema materi atau sosial, sehingga melupakan anak-anak.

Hendaknya kita memberikan cinta, kasih sayang, penghormatan, dan kepercayaan kepada anak-anak kita agar kita mendapatkan cinta, penghormatan, dan kepercayaan pula dari mereka. Dengan demikian, kita bisa menciptakan suri teladan yang akan mereka ikuti. ***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Tue, 10 Jul 2018 @19:32

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved