AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Kain Sang Wali

image

Saya diingatkan dengan sebuah cerita tentang seorang sunan yang menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa. Salah seorang sunan, sebelum ditetapkan sunan oleh dewan wali songo, pernah datang untuk belajar tentang ilmu hakikat kepada seorang pimpinan wali songo. Setelah mengajukan diri, pimpinan wali songo belum menerimanya. Masih menimbang untuk menjadi muridnya.

Tiba-tiba terdengar adzan di masjid. Sang calon murid mengingatkan bahwa saatnya untuk shalat. Sang wali pun mengiyakan dan mengajaknya untuk shalat berjamaah di rumah. Tentu saja diiyakan oleh calon murid itu. Keduanya sudah siap dan mulailah shalat. Gerakan dari awal sampai akhir diselesaikan. Begitu juga dengan doa dan dzikir dibaca bersama.

Setelah beres shalat berjamaah dan doa, sang calon murid bertanya kepada sang wali: "Kiai, maaf tadi saat shalat saya lihat kain yang dipakai Kiai berlubang dan terlihat bagian paha. Bukankah dalam fikih bahwa shalat harus memakai pakaian yang menutup aurat?"

Sang wali tersenyum dan menjawab: "Apakah Kangmas tadi shalat?"

Yang ditanya menjawab: "Shalat dan Kiai tadi mengetahui kalau saya maklum di belakang Kiai."

Sang wali berkata: "Jika  tadi memang shalat, kenapa Kangmas bisa mengetahui kain saya berlubang dan menyatakan tidak sah? Bukankah shalat itu komunikasi antara hamba dengan Allah? Maka dalam shalat selayaknya seluruh perhatian hanya untuk Allah. Tidak memperhatikan kain saya yang berlubang."

Sang calon murid terdiam. Menunduk dan tidak berkata lagi. Mungkin sadar bahwa dirinya belum khusyu' dalam ibadah shalat.

Hampir sama dengan cerita di atas, saya mengalaminya saat ikut berjamaah di masjid dekat rumah. Saat shalat subuh, saya mendengar bacaan Alquran dari imam yang tidak fasih dan tidak tepat dalam tajwid. Dalam hati (saat menjadi makmum) bergumam: imam shalat perlu belajar tajwid dan makhrajil huruf nih.

Selesai shalat dan doa, saya tidak sadar dengan gumaman dalam hati saat menunaikan ibadah shalat. Saya baru sadar ketika teringat dengan seseorang yang mengisahkan cerita wali songo di atas.

Terima kasih untuk yang telah berkenan mengingatkan saya dengan cerita wali songo. Astaghfirullah al-Adziim.***

(Ikhwan Mustafa)


Fri, 3 Aug 2018 @08:06

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved