Rubrik
Terbaru
RSS Feed
AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah: Menjaga Hubungan Baik dengan Negara

image

Soal: Beberapa negara mengajukan pertanyaan pribadi dan penting mengenai beberapa gerakan Islam yang ada dengan alasan mengkonsolidasikan kerjasama. Bagaimana cara kita membatasi informasi yang akan diberikan pada negara semacam itu dengan cara yang tidak merugikan gerakan tersebut dan pada saat yang sama menjaga suasana intim dan hubungan yang baik? 

Jawab: Pertanyaan yang Anda ajukan di sini dianggap salah satu perkara yang khusus; perkara yang Anda tidak dapat memasuki elemen-elemen detil dan khususnya. Sebenarnya Anda mesti mampu melihat dan mendeteksi sifat-sifat dan karakteristik negara tersebut: apakah Anda mempercayainya ataukah tidak? Apakah tindakan Anda membuka rahasia menguntungkan Islam atau sebaliknya? Oleh karena itu, alasan yang sama mesti diaplikasikan pada langkah gerakan Anda. Keputusan mesti diambil berdasarkan kepentingan Islam dan Muslimin.

Suatu perbandingan atau penilaian mesti dilaksanakan antara kepentingan gerakan Anda dan kepentingan negara tersebut. Apakah kepentingan negara ini lebih tinggi dan lebih penting daripada kepentingan Anda berkaitan dengan realitas Islam ataukah sebaliknya? Jadi persoalan penyampaian informasi mesti dikaji berdasarkan kepentingan menyampaikannya. Sekiranya kepentingan tersebut terbukti nyata, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan batas informasi yang tidak membahayakan Islam yang akan Anda sampaikan. ***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Soal Jawab Fikih Kontemporer. Cianjur: Titian Cahaya, 2005)

Mon, 27 Aug 2018 @11:27

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved