AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Jumlah Ayat pada Surah Al-Fatihah

image

Anda sering menyaksikan beberapa imam shalat ketika membaca Al-Fatihah, ada yang memulai dengan basmalah, ada juga yang langsung memulai dengan hamdalah. Apa sebanya? Jawabannya bisa dikembalikan pada perbedaan cara menghitung ayat Al-Qur’an.

Seluruh Ulama sepakat Al-Fatihah terdiri dari 7 ayat. Namun terdapat perbedaan dalam menentukan ayat-ayatnya. Perbedaan terletak pada basmalah, apakah merupakan bagian Al-Fatihah atau tidak?

Al-Kufi berpendapat bahwa basmalah adalah bagian dari Al-Fatihah dan merupakan ayat pertama. Ayat ketujuh, siratal lazina an’amta ‘alaihim gairil magdubi ‘alaihim walad dallin.

Sementara yang lainnya berpendapat basmalah bukan bagian dari Al-Fatihah. Basmalah termasuk ayat Al-Qur’an hanya terdapat pada QS. An-Naml/27 ayat 30. Sehingga, ayat pertama Al-Fatihah ialah hamdalah, al-hamdu lillahi rabbil ‘alamin. Ayat keenam, siratal lazina an’amta ‘alaihim. Dan ayat ketujuh, gairil magdubi ‘alaihim walad dallin.

Bila dikaitkan dengan ilmu waqaf dan ibtida’, bagi yang mengikuti pendapat Al-Kufi, maka berhenti pada siratal lazina an’amta ‘alaihim termasuk kategori waqaf yang tidak sempurna, karena kalimat berikutnya merupakan penjelasan (man’ut) dari allazina an’amta ‘alaihim. Karena itu, dalam Mushaf Al-Qur’an Indonesia, pada lafaz ‘alaihim yang pertama dibubuhkan tanda (لا) tidak boleh waqaf, dan ditambahkan pula tanda (۵) untuk menandakan bahwa pada lafaz ‘alaihim terdapat perbedaan penghitungan ayat.

Ada pun bagi yang mengikuti pendapat siratal lazina an’amta ‘alaihim sebagai ayat tersendiri (ayat ke-6), maka berhentipada ‘alaihim termasuk waqaf hasan, karena berhenti pada akhir ayat, meskipun masih terkait dengan ayat berikutnya.***

Ditulis oleh FAHRUR ROZI, Pentashih LPMQ Kementerian Agama RI

(sumber: Facebook Fahrur Rozi)

Mon, 15 Oct 2018 @10:26

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved