BERBAGI BUKU

TULIS nama, alamat & HP/WhatsApp pada KONTAK

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

Twitter Kata Hikmah 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Kenikmatan itu Tidak Abadi

image

Apa yang harus ditulis? Ini mengendap dalam pikiran saat saya membuka laptop. Inginnya menulis yang serius. Yang terjadi tidak muncul yang akan dituliskan itu. Dan hanya ini saja yang dituliskan tentang ketidaktahuan akan apa yang dilakukan dan dikehendaki diri sendiri.

Baiklah saya cerita saja. Pekan ini sakit yang diderita saya, masih batuk dan flu. Ini cukup ganggu waktu. Saat baca buku tak nyaman. Saat mengajar pun suara tidak keluar. Sehingga tidak nyaman. Istirahat pun tidak nyaman. Sakit membuat kondisi tidak nyaman untuk badan dan aktivitas. Ini yang oleh Abu Hamid Al-Ghazali disebut yang hilang dari nikmat.

Menurut Al-Ghazali bahwa nikmat akan terasa saat hilang dari diri kita. Kalau sakit mata maka hilang nikmat melihat dan membaca. Saat sakit gigi dan mulut maka tak nikmat saat mengunyah makanan meski tergolong makanan mahal dan berkelas internasional. Akan tidak nikmat kalau sedang sakit.

Saya jadi paham bahwa kenikmatan pun tidak abadi. Sehingga yang abadi itu mesti dikejar dan mesti diabadikan. Satu-satunya yang abadi, bagi saya sebagai manusia beragama adalah Tuhan. Nah, ini yang mesti dikaji kembali. Siapa itu Tuhan? Dan bagaimana memahami-Nya dan cara menyesuaikan dengan-Nya.

Duh, ini harus diajari dulu oleh orang-orang yang dekat dengan Tuhan atau orang yang mengaku menyatu dengan Tuhan (hulul, ittihad, wihdatul wujud) dan dapat memberi bukti. Siapakah dia? Adakah di antara yang membaca mengetahuinya? Ya Tuhan, bimbinglah diri ini! *** (ahsa)

Tue, 15 Jan 2019 @10:48

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved