Rubrik
Terbaru
Kirim Artikel & Pertanyaan

ke email: abumisykat@gmail.com

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

RSS Feed
Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

Instagram MisykatNet
image

.

Follow Twitter Misykat
image

Silahkan ikuti Twitter Misykat

YouTube Misykat TV
image

Subscribe Channel Misykat TV

TATA CARA SHALAT

PENGUNJUNG

Flag Counter

Hukum Menceritakan Rahasia Keluarga kepada Orang Lain

image

Soal: Menurut Anda, apakah tindakan berupa penyingkapan rahasia dan masalah keluarga kepada orang lain dinilai suatu fitnah? 

Jawab: Ya, benar. Bukan hanya fitnah yang sepele tetapi juga sejenis fitnah yang paling berdosa. Seandainya sang anak tidak menderita tekanan dan perlakuan buruk, perbuatan tersebut tidak hanya menyingkap rahasia orangtua yang telah menjaganya, mereka telah memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Perbuatan seperti itu (fitnah) juga merendahkan dan menghancurkan privasi mereka dan merusak reputasi mereka di khalayak. 

Namun, apabila sang anak diperlakukan dengan buruk, baik secara psikologis atau psikis, kemudian ia menyampaikan ketidaksenangan pada seseorang, maka pada kasus seperti ini pengungkapan dibolehkan. Allah berfirman, “Allah tidak menyukai ucapan buruk (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS an-Nisa: 1 8). Namun, lebih baik jika ia membatasi ucapannya kepada orang yang dapat membantu dan mengakhiri penderitaannya. 

Jadi, membicarakan masalah orangtua dengan mengungkapkan perbuatan buruk mereka tatkala mereka berselisih dengan tujuan yang sepele, yaitu melepaskan ketegangan seseorang atau membebaskan gangguan psikologis yang disebabkan oleh masalah-masalah ini, tidak dibenarkan secara legal. Hal serupa juga berlaku apabila fitnahnya meliputi saudara laki-laki dan saudara perempuan.*** 

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Soal Jawab Fikih Kontemporer. Cianjur: Titian Cahaya, 2005)
  

Wed, 31 Mar 2021 @11:52

Copyright © 2021 Misykat · All Rights Reserved