Rubrik
Terbaru
BERBAGI BUKU

TULIS nama, alamat & HP/WhatsApp pada KONTAK

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

Twitter Kata Hikmah 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Meminta Gaji yang Sama dengan Pekerja Lain kepada Ayah

image

Soal: Sebagai seorang pekerja di toko ayah saya, apakah saya mempunyai hak meminta gaji yang sama banyak dengan para pekerja lainnya? 

Jawab: Ya, Anda dapat tetapi setelah Anda mendapatkan uang yang cukup untuk menyokong diri Anda sendiri, maka dia tidak mesti menyokong Anda lagi. Dengan kata lain, tugasnya memenuhi seluruh keperluan Anda terus berlangsung selama Anda membutuhkannya. 

Sebenarnya, Anda dapat bernegosiasi dengannya berkenaan dengan jumlah biaya perawatan yang dia berikan pada Anda dengan dibandingkan dengan upah yang seharusnya Anda peroleh dan dia tidak dibolehkan memaksa Anda dalam permasalahan ini atau memaksa Anda bekerja untuknya. 

Sesungguhnya Anda dapat bekerja di mana saja dan membayarnya (sang ayah) sebagai ganti rugi atas sejumlah uang yang ia keluarkan untuk membiayai Anda kalau-kalau ia tidak ingin menopang Anda karena Anda tidak membutuhkan dukungan darinya. Lebih jauh lagi, apabila anak laki-lakinya telah dewasa, maka ayahnya tidak dibolehkan memaksanya bekerja bersamanya bahkan dengan dalih sebagai ganti atas perawatannya karena persoalan perawatan mengharuskan banyak pertimbangan. 

Namun, berkaitan dengan seorang anak kecil; karena ia masih belum matang dan benar-benar bergantung pada bimbingan ayahnya, maka sang ayah memiliki otoritas menyuruhnya bekerja apabila dapat bermanfaat baginya. Tetapi apabila tidak ada manfaat bagi anak belia tersebut, maka sang ayah tidak boleh melakukan hal seperti itu. *** 

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Soal Jawab Fikih Kontemporer. Cianjur: Titian Cahaya, 2005)
 
NOTE:  Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah adalah seorang ulama (marja’) di Lebanon yang memiliki banyak murid dan pengikut serta banyak menulis buku. Wafat pada 4 Juli 2010. Satu di antara karya tulisnya: Tafsir Min Wahyu Al-Quran.Sayangnya belum ada yang menerjemahkan kitab tersebut dalam bahasa Indonesia.

Mon, 25 Mar 2019 @08:23

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved