Rubrik
Terbaru
Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Mencari Solusi Problema Keluarga

image

Tanya: Tak ada hubungan suami istri yang bebas dari pertikaian. Bagaimana caranya mencari solusi atas problema keluarga tanpa memberikan pengaruh buruk bagi anak-anak? 

Jawab: Pertikaian antara suami istri memang merupakan hal yang wajar dan lazim terjadi. Akan tetapi, saat bertengkar, kedua orang tua hendaknya tidak melakukan itu di hadapan anak-anak. Sepantasnya, seorang suami tidak menyakiti, memukul, mencaci, atau berlaku kasar kepada istrinya di depan anak-anak. Demikian pula, seorang istri hendaknya tidak berlaku buruk, menentang perintah, dan menghina suaminya di hadapan anak-anak. Sebab, hal itu akan meninggalkan pengaruh yang negatif pada diri anak-anak sehingga mereka akan tumbuh besar dengan gangguan kejiwaan dan mental. 

Benar. Pertengkaran kedua orang tua yang dilakukan di hadapan anak-anak akan berdampak buruk bagi kehidupan masa depan mereka. Apa yang terjadi di antara keduanya akan terekam kuat di benak anak-anak hingga menginjak dewasa dan takkan terlupakan selamanya. Inilah yang sering kita saksikan pada seorang anak, yang akan menjadi pribadi yang keras terhadap istrinya kelak lantaran ayahnya berlaku kasar kepada ibunya. Demikian pula yang dialami anak gadis, dia akan menjadi istri yang suka menentang suaminya karena ibunya juga demikian.

Begitulah. Rumah adalah sekolah yang menanamkan bibit-bibit pengetahuan tentang dunia ke dalam jiwa anak-anak. Pengalaman hidup ayah dan ibu akan menjadi pelajaran yang akan mereka raih sejak dini, sekaitan dengan pengertian tentang hubungan suami-istri atau pengertian tentang kemanusiaan dan hubungan kemasyarakatan. ***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Thu, 28 Mar 2019 @10:14

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved