Rubrik
Terbaru
BERBAGI BUKU

TULIS nama, alamat & HP/WhatsApp pada KONTAK

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

Twitter Kata Hikmah 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Hukum Memaki Wajah Suami

image

Tanya: Di tengah pertikaian (cekcok--red), sebagian ibu mencela (memaki--red) wajah suaminya dihadapan anak-anak, demikian pula sebaliknya. Bagaimanakah hukumnya menurut pendapat Anda, jika memang benar wajah yang dihina itu memang buruk? 


Jawab: Pada prinsipnya, ini tidak boleh dilakukan. Sebabnya sederhana, yakni anak secara alami akan hidup dengan perasaan positif terhadap ibu dan ayahnya. Pertikaian di antara keduanya akan mengakibatkan anak bingung, membela ayah atau ibunya. 

Ketika penyimpangan ayah atau ibu telah sampai pada taraf yang akan mengakibatkan kehancuran moral atau kehidupan anak, maka sangat perlu diberitahukan kepada sang anak tentang hal itu, untuk menjaganya dari sifat-sifat negatif yang ada dalam diri ayah atau ibunya. Tentu saja, dengan menggunakan metode pendidikan yang lembut dalam menyampaikan pengertian-pengertian ini. Caranya dengan menceritakan penyimpangan ayah atau ibunya itu dengan mengatakannya sebagai penyakit atau sebagai akibat faktor-faktor luar. Misalnya, katakan kepada si anak, "Engkau harus mencintai ayah dan ibumu. Tapi, kalau ada sikap-sikap buruk pada keduanya, jangan kau tiru."***

 
(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Mon, 1 Apr 2019 @10:38

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved