Rubrik
Terbaru
BERBAGI BUKU

TULIS nama, alamat & HP/WhatsApp pada KONTAK

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

Twitter Kata Hikmah 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Taqlid Ibarat Tongkat

image

 Taqlid ibarat tongkat bagi tangan, ketika jalan membentang, ia menjelma pedang

(Jalaluddin Rumi)

 

Penjelasan Rumi cukup menohok kita sebagai individu yang dikaruniai Tuhan, Akal (Intelek) untuk berfikir sebebas-bebasnya sebelum beragama tapi memilih jalan taqlid selamanya. 

Padahal taqlid adalah tingkat beragama yang paling dasar, tingkat kedua itba' (mengikuti sambil mempelajari, mempertanyakan hal hal yang fundamental, dll). Tingkat ketiga adalah ijtihad (bersungguh sungguh mempelajari agama kita sendiri). 

Menjadi tongkat bagi tangan yang dimaksud Rumi adalah menjadi petunjuk, pedoman, untuk setiap orang yang menganggap kompeten setiap orang yang ditemuinya dalam hal ilmu (alim). Itulah kenapa Imam Ali selalu 'menjadi hamba di hadapan orang alim yang mengajarkannya meski hanya satu huruf (simbol, tanda, ayat). 

Bagi Imam Ali, sekali berjumpa dengan sang Alim, mencerap banyak ilmu hikmah melalui tanda tandanya sudah lebih dari cukup untuk menunjukkan keluasan ilmu dan ahlinya, dibanding berjam-jam hanya memiliki standard mencerap ilmu seperti rata rata manusia yang hanya memiliki kemampuan mendengar (hearing), bukan mendengar sengan seksama (listening). 

Ketika jalan membentang yang dimaksud Rumi, adalah ketika buku-buku sudah tercipta, ketika media belajar lebih mudah dari masa ke masa, dan kita tidak mengambil manfaat sebanyak banyaknya, memilih yang manfaat, menghindari yang membawa madharat, tongkat menjelma pedang (petunjuk menjelma sesuatu yang membunuh nalar, menjadi pedang yang melibas pikiran yang buntu, bahkan pikiran yang tumpul karena terlalu lama taqlid buta, terus menjadi orang awam, tidak menghendaki menjadi manusia yang lebih tinggi derajat akal intelektualnya). 

Wassalam

Aris

Tue, 23 Apr 2019 @20:31

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved