Minat beli buku klik covernya
image

Minat BUKU hubungi WA Misykat

AUDIO KAJIAN ISLAM

Instagram MisykatNet
image

.

Follow Twitter Misykat
image

Silahkan ikuti Twitter Misykat

YouTube Misykat TV
image

Subscribe Channel Misykat TV

TATA CARA SHALAT

PENGUNJUNG

Flag Counter

(Resensi buku) Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam

image

Akhirnya saya tuntaskan membaca buku Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam karya Ajid Thohir. Buku ini terbit tahun 2009 dan tebal 364 halaman. Penerbitnya Rajawali Press, Jakarta. Pak Ajid ini dosen saya di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Buku ini dipakai sebagai rujukan di kelas untuk matakuliah sejarah peradaban Islam.

Alhamdulillah saya membaca tuntas selama dua pekan. Dulu tidak selesai dan setelah kuliah buku diselesaikan bacanya. Dan dari awal lagi sampai dituntaskan. Buku karya Ajid Thohir ini bisa dikatakan memperkaya kajian sejarah dari penulis sebelumnya. Di antaranya Badri Yatim, Abdurrahim Yunus, Harun Nasution, dan lainnya. Mereka ini biasanya dijadikan rujukan untuk wacana sejarah Islam.

Tidak dipungkiri ada karya dari penulis luar negeri yang banyak dirujuk seperti Philip K. Hitti, Marshall GS Hodgson, Ira M. Lapidus, Karen Armstrong, dan lainnya. Tentu dari karya mereka ada perbedaan dalam penyajian. Namun secara umum isi karya membagi sejarah Islam pada tiga babak: klasik, pertengahan, dan modern. Begitu pun buku karya Ajid Thohir.

Saya kira yang layak diapresiasi dari Ajid Thohir ini kemampuannya dalam "meringkas" uraian panjang dengan bahasa yang singkat dan substantif. Sehingga catatan analisa yang tersaji dalam bukunya dan tidak bertumpuk cuplikan rujukan. Pilihan rujukan yang dipakai pun sangat selektif berasal dari para sarjana Muslim dan Barat yang otoritatif dalam studi sejarah.

Isi buku karya Ajid Thohir ini mulai dari sejarah masa Nabi Muhammad Saw sampai komunitas Islam di Asia Tenggara dengan penyajian tiap kawasan. Karena itu, buku ini bisa digunakan untuk studi kawasan Islam karena di dalamnya ada kontribusi umat Islam bagi peradaban manusia sejak abad 7 Masehi sampai abad 20 Masehi. Sejarah mengisahkan abad 7 sampai abad 16 Masehi di Timur Tengah sampai Asia Tenggara sebaran agama Islam sampai pada masyarakat. Berbagai bentuk pola dakwah dan terjadi pula pembentukan kekuasaan berupa kerajaan dan dinasti-dinasti. Dari kekuasaan itu agama Islam makin meluas dan tersebar.

Menariknya kultur lokal dan nilai dari agama Islam bisa menyatu kemudian menjadi kebudayaan setempat yang bercorak Islam. Ini yang oleh Hodgson disebut Islamicate, yang kemudian mewujud pada Islamdom berupa umat Islam dengan corak yang beda dari sumber sebaran awalnya. Bahkan doktrin keagamaan Islam pun menjadi beragam dan beraneka corak aliran maupun mazhab. Indonesia sendiri memiliki karakter umat Islam yang beda dengan umat Islam di Arab maupun Iran. Meski kalau dikaji ada irisan yang sama, tetapi masing-masing kawasan sangat khas dari perilaku beragama maupun pemahaman keagamaannya.

Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui sejarah dari masa awal Islam hingga abad modern. Mengetahui dinamika umat Islam, dinamika kekuasaan, dan peradaban yang dicapai umat Islam terdahulu sebelum kita. Dari sejarah mereka seharusnya kita melanjutkan kerja-kerja kebudayaan agar Islam ini makin berkembang dari budaya dan dapat diakses oleh oran-orang yang belum mengenal ajaran Islam. Intinya dengan membaca buku ini, saya menjadi tercerahkan dalam sejarah.

Demikian yang dapat disampaikan dan dibagikan. Mohon maaf jika kurang mendalam. Terima kasih sudah berkenan membacanya. *** (ahmad sahidin)


Tue, 21 Sep 2021 @11:57


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2021 Misykat · All Rights Reserved