Rubrik
Terbaru
MEDSOS Misykat

Fanpage Facebook  MISYKAT

YouTube Channel  MISYKAT TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO KAJIAN ISLAM

Informasi MISYKAT

Redaksi www.misykat.net menerima artikel/opini/resensi buku. Kirim via e-mail: abumisykat@gmail.com

TATA CARA SHALAT

Buku Islam terbaru
image

 

BAHAN BACAAN

(resensi buku) Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam

image

Akhirnya saya tuntaskan baca buku "Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam" karya Ajid Thohir. Buku ini terbit 2009 dan tebal 364 halaman. Penerbitnya Rajawali Press, Jakarta.

Pak Ajid ini dosen saya di UIN Bandung. Bukunya dipakai rujukan di kelas untuk matakuliah sejarah peradaban Islam.

Alhamdulillah saya membaca tuntas selama dua pekan. Dulu tidak selesai dan setelah kuliah buku diselesaikan bacanya. Dan dari awal lagi sampai dituntaskan.

Buku karya Ajid Thohir ini bisa dikatakan memperkaya kajian sejarah dari penulis sebelumnya. Di antaranya Badri Yatim, Abdurrahim Yunus, Harun Nasution, dan lainnya. Mereka ini biasanya dijadikan rujukan untuk wacana sejarah Islam.

Tidak dipungkiri ada karya dari penulis luar negeri yang banyak dirujuk seperti Philip K. Hitti, Marshall GS Hodgson, Ira M. Lapidus, Karen Armstrong, dan lainnya. Tentu dari karya mereka ada perbedaan dalam penyajian. Namun secara umum isi karya membagi sejarah Islam pada tiga babak: klasik, pertengahan, dan modern. Begitu pun buku karya Ajid Thohir.

Saya kira yang layak diapresiasi dari Ajid Thohir ini kemampuannya dalam "meringkas" uraian panjang dengan bahasa yang singkat dan substantif. Sehingga catatan analisa yang tersaji dalam bukunya dan tidak bertumpuk cuplikan rujukan. Pilihan rujukan yang dipakai pun sangat selektif berasal dari para sarjana Muslim dan Barat yang otoritatif dalam studi sejarah.

Isi buku karya Ajid Thohir ini mulai dari sejarah masa Nabi sampai komunitas Islam di Asia Tenggara dengan penyajian perkawasan. Karena itu, buku ini bisa digunakan untuk studi kawasan Islam dan kontribusi umat Islam bagi peradaban manusia sejak abad 7 Masehi sampai abad 20 Masehi.

Hanya itu yang bisa dibagikan dalam ulasan buku kali ini. Mohon maaf jika kurang mendalam. Terima kasih sudah berkenan membacanya. *** (ahmad sahidin)

Tue, 25 Jun 2019 @09:59

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved