Rubrik
Terbaru
MEDSOS Misykat

Fanpage Facebook  MISYKAT

YouTube Channel  MISYKAT TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO KAJIAN ISLAM

Informasi MISYKAT

Redaksi www.misykat.net menerima artikel/opini/resensi buku. Kirim via e-mail: abumisykat@gmail.com

TATA CARA SHALAT

Buku Islam terbaru
image

 

BAHAN BACAAN

Hukum Menunjukkan Kasih Sayang Suami Istri di Depan Anak-anak

image

Tanya: Apakah pendapat Anda mencakup sisi-sisi hubungan yang sering ditampakkan untuk menunjukkan kasih sayang di antara suami istri, seperti bersalaman dan berpelukan? 

Jawab: Masalah ini bergantung pada pandangan umum masyarakat. Sebagian masyarakat menganggap pelukan atau ciuman antara suami istri, atau antara saudara lelaki dan saudara perempuan, atau di antara keluarga, bukan merupakan prilaku seksual. Bahkan mereka menganggapnya sebagai bentuk ungkapan perasaan dan kasih sayang. Namun, ada pula masyarakat yang sensitif, yang menganggap itu sebagai bagian dari prilaku seksual secara langsung. Karena itu, mereka tak dapat menerima bila suami mencium istrinya di depan anak-anak atau di depan orang lain, apalagi dalam bentuk pelukan dan sebagainya. 

Oleh karena itu, penerimaan atau penolakan atas hal itu dari sudut pandang syariat merupakan perkara yang relatif, bergantung pada pandangan umum masyarakat. Sebab pelukan dan ciuman merupakan wujud ungkapan perasaan dan tidak selamanya menjadi bagian dari prilaku seksual. Karena itu, kita harus mengkaji persoalan ini berdasarkan keadaan masyarakat yang kita hidup di dalamnya. ***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Thu, 4 Jul 2019 @10:33

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved