Rubrik
Terbaru
MEDSOS Misykat

Fanpage Facebook  MISYKAT

YouTube Channel  MISYKAT TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO KAJIAN ISLAM

Informasi MISYKAT

Redaksi www.misykat.net menerima artikel/opini/resensi buku. Kirim via e-mail: abumisykat@gmail.com

TATA CARA SHALAT

Buku Islam terbaru
image

 

BAHAN BACAAN

Membicarakan Persoalan Seksual di Depan Anak

image

Tanya: Sebagian orang tua meyakini bahwa membicarakan persoalan-persoalan seksual di depan anak akan meruntuhkan wibawa mereka. Bagaimana menurut Anda? 

Jawab: Tidak diragukan lagi, wibawa ayah ibu memiliki peran penting bagi keberhasilan proses pendidikan. Namun, adakalanya penjagaan wibawa dapat menimbulkan banyak kesulitan bagi proses pendidikan karena penghalang-penghalang yang diciptakan sang ayah antara dirinya dengan anak-anaknya, atau penghalang antara ibu dengan anak-anaknya. Sehingga anak-anak merasa takut untuk melontarkan pertanyaan-pertanyaan kepada ayah ibu dan berkonsultasi dengan keduanya. Ya, kondisi menakutkan ini menciptakan perintang kejiwaan sehingga anak. tak merasa akrab dengan ayah ibunya. 

Oleh karena itu, kalau kita hendak menjaga wibawa dan martabat kedua orang tua tanpa mengabaikan pendidikan seksual bagi anak-anak, maka ayah ibu bisa mengarahkan anak-anak mereka kepada hal-hal yang sensitif ini melalui orang lain yang dipercaya untuk mengajarkan masalah ini kepada anak laki-laki dan perempuan. Sebagaimana yang diterapkan di sekolah-sekolah. *** 

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Thu, 25 Jul 2019 @14:44

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved