Rubrik
Terbaru
MEDSOS Misykat

Fanpage Facebook  MISYKAT

YouTube Channel  MISYKAT TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO KAJIAN ISLAM

Informasi MISYKAT

Redaksi www.misykat.net menerima artikel/opini/resensi buku. Kirim via e-mail: abumisykat@gmail.com

TATA CARA SHALAT

Buku Islam terbaru
image

 

BAHAN BACAAN

Sayyid Fadhlullah: Wibawa Ayah dan Kepatuhan Anak

image

Tanya: Perasaan kasih sayang yang dicurahkan keluarga kepada anak-anak mereka merupakan dasar penting bagi pendidikan yang sehat. Akan tetapi, terkadang kasih sayang membuat anak-anak meremehkan aturan dan tak patuh. Apa yang harus kita lakukan? 

Jawab: Terdapat sebuah poin penting yang harus kita ketahui sekaitan dengan anak kecil, bahkan manusia dewasa, baik laki-laki ataupun perempuan, yaitu bahwa dalam kepribadian manusia terdapat sebuah kebutuhan kepada orang yang mampu memberinya kekuatan.

Apabila di mata anak, seorang ayah atau ibu ataupun pengajar terlihat lemah maka dia akan kehilangan rasa aman. Inilah alasannya, mengapa sebagian wanita tidak menginginkan suami yang lemah. Barangkali ini juga menjelaskan tentang kenyataan bahwa hubungan seorang anak dengan ayahnya lebih intensif ketimbang hubungannya dengan ibunya. Ini dikarenakan, seorang ayah mampu memberikan rasa aman kepada anaknya. 

Sementara seorang ibu dirasakan kelemahannya oleh sang anak. Supaya anak-anak tidak meremehkan aturan dan mematuhinya, maka seorang pengajar dan pendidik harus mampu menyelami perasaan dan dunia mereka kemudian menyampaikan nasihat-nasihat dengan satu metode yang jauh dari pemaksaan. Dengan demikian, seorang anak akan mematuhi aturan dengan senang hati, bukan tunduk secara membuta. ***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Mon, 29 Jul 2019 @10:50

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved