Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Kuliah Ilmu Kalam Bagian kedua Belas [by Mulyadhi Kartanegara]

image

Di dalam al-Quran ada perbedaan yang nyata antara pernyataan tentang kekuasaaan Tuhan atas apa yang terjadi di dunia, dan pernyataan tentang kekuasaan atas tindakan-tindakan manusia. Tentang yang terakhir ada pernyataan yang menyampaikan konsepsi predestinasi mutlak, tapi ada juga pernyataan yang membenarkan adanya kebebasan manusia yang lengkap.

Hal ini telah menyebabkan timbulnya kelompok pendukung takdir—dalam arti yang telah ditentukan sebelumnya (predestined) dan ada pendukung kebebasan kehendak (libertian), tapi ada yang mencoba mensintesakan kedua pandangan tersebut.

Kelompok Predestinasians (Jabariyyah)

Jahm bin Shofwan dipandang sebagai wakil atau tokoh kelompok ini. Kelompok ini mendukung teori persamaan, di mana ia menyatakan tidak ada perbedaan antara apa yang terjadi di dunia ini secara umum dan tindakan manusia. Keduanya secara terus-menerus dan langsung diciptakan Tuhan. Jika manusia dikatakan bertindak, ia hanyalah sebuah metafor (majāz) seperti halnya kita berkata batu bergerak, bola-bola langit berputar, matahari timbul dan tenggelam, dan sebagainya. 

Ketika dikatakan bahwa manusia berbeda dengan benda mati, karena manusia memilikin kekuatan, kehendak dan pilihan. Tuhanlah yang mencipta dalam diri manusia kekuatan atau daya (quwwah), kehendak (irādah) dan pilihan (ikhtiyār) dengan mana manusia bertindak, sebagaimana Ia telah menciptakan untuk manusia ketinggian, dengan mana ia (menjadi) tinggi, dan pewarnaan, dengan mana ia menjadi berwarna. 

Pendek kata, manusia “dipaksa” (majbūr) dalam tindakannya dan tidak punya kekuatan (qudrah), tidak punya kehendak maupun pilihan. Menurut Jahm, pahala dan siksaan, seperti halnya tindakan manusia tunduk kepada keharusan (paksaan/jabr) dan dari sinilah kemudian kelompok ini disebut kaum Jabariyah. *** (Mulyadhi Kartanegara adalah pakar filsafat Islam)

Fri, 2 Aug 2019 @08:16

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved