Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah: Sikap Anak yang Kurang Ajar

image

Tanya: Dalam sebuah hadis disebutkan: Barangsiapa yang memiliki anak kecil maka hendaknya dia bersikap kekanak-kanakan dengannya. Bukankah sikap kekanak-kanakan membuat anak menjadi kurang ajar terhadap kedua orang tuanya? 

Jawab: Barangkali, yang dimaksud dengan sikap kekanak-kanakakan terhadap anak adalah bahwa orang tua menyatu dengan kepribadian, pemikiran, perasaan, dan bahasa anak, sehingga si anak merasakan bahwa di situ terdapat anak lain yang bermain dan berbincang dengannya. Hendaknya orang tua tidak berbicara dengan anak kecil menggunakan gaya bahasa dan bicara kaum dewasa karena tidak akan dimengerti oleh anak. 

Maksud hadis tersebut tentu bukan berarti bahwa ayah dan ibu harus kehilangan keseimbangan sehingga menimbukan sifat kurang ajar pada diri anak. Benar bahwa Islam menghendaki manusia mengendalikan perilakunya di atas dasar keseimbangan. Dan Allah Swt menghendaki kedua orang tua bersikap kekanak-kanakan terhadap anak-anak supaya terjalin hubungan yang amat dekat antar-keduanya. Di sisi lain, Allah juga menghendaki kedua orangtua tetap menjaga status sebagai ayah atau ibu di mata anaknya sehingga dia tetap menghormati keduanya. Ini akan meninggalkan pengaruh positif bagi proses pendidikannya. *** 

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Wed, 7 Aug 2019 @14:15

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved