Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah: Peran Ayah dalam Mendidik Sudah Hilang

image

Tanya: Di masa sekarang, para ayah sangat sibuk bekerja, sehingga itu menghalangi mereka untuk menjalankan tanggungjawab pendidikannya. Bagaimana mungkin para ayah mampu menyeimbangkan pekerjaan yang banyak di luar rumah dengan tanggungjawab pendidikannya? 

JAWAB: Tidak ada ayah yang tidak memiliki waktu untuk duduk bersama dan bersenang-senang dengan anak-anaknya. Jika sang ayah sangat sibuk bekerja di luar rumah, maka ketika pulang ke rumah dia harus berkomunikasi dengan anak-anaknya dan memenuhi kebutuhan ruhani mereka.

Benar bahwa hubungan seorang ibu dengan anaknya merupakan hubungan fitriah, yang mendatangkan perhatian dan kasih sayang pada sang anak ketika dia memeluk dan menyusu padanya. Akan tetapi, hubungan emosional ini tidaklah mencukupi. Dibutuhkan sisi-sisi pendidikan dan sosial lain yang membantu pembentukan kepribadian anak. Ini sangat penting bagi anak. Sebab dia membutuhkan perhatian ibu dan bapaknya secara bersamaan. Tidak cukup hanya salah seorang di antara keduanya. Perhatian kedua orang tua akan menjadikan anak merasa sebagai bagian dari keluarganya.

Perhatian ini juga akan membuat sang anak merasa aman dan tenteram. Adalah mustahil bila seorang anak tak membutuhkan perhatian ayahnya. Jika hanya sosok ayah yang memberikan perhatian pada sang anak, maka dia akan kehilangan rasa aman. Dan bila seorang ibu saja yang memberikan kasih maka sang anak akan merasa tidak beroleh kekuatan. Keberadaan dan perhatian kedua orang tua dalam kehidupan anak merupakan dasar bagi keseimbangan keperibadiannya. Karena itu, merupakan tanggung jawab para ayah untuk mengatur waktu sehingga mempunyai kesempatan untuk menjalin hubungan dengan anak-anaknya. ***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Wed, 14 Aug 2019 @14:41

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved