Rubrik
Terbaru
Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Sayyid Fadhlullah: Cara yang Benar saat Menyikapi Kesalahan Anak

image

Tanya: Apa cara yang benar dalam menyikapi kesalahan anak? 

Jawab: Pertama-tama, kita harus membantu anak dalam mengungkap kesalahannya sendiri dengan menunjukkan dampak-dampak negatif atas perbuatan yang telah dilakukannya yang tampak secara nyata.

Dengan cara demikian, anak akan mampu mengoreksi dirinya sendiri dan memperbaiki kesalahannya. Apabila anak melakukan kesalahan, dia tidak berhak diperlakukan secara kasar. Sebaliknya orang tua harus menunjukkan letak kesalahan yang telah dilakukannya. Orang tua harus memberikan pengertian kepadanya bahwa kesalahan itu juga bisa dilakukan kaum dewasa, bukan hanya anak-anak. Kepada anak juga perlu diajarkan bahwa orang yang berpikir, terkadang benar dan adakalanya salah; terkadang lurus dan kadangkala menyimpang. Ini sangat penting disampaikan agar dia tak merasa malu bila melakukan kesalahan.

Meski sangat wajar bila para ayah merasa jengkel terhadap kesalahan anak-anaknya, tetapi mereka tak berhak menjadikan kejengkelan itu sebagai sebab bagi timbulnya dampak negatif pada diri anak-anak.

Hendaknya mereka memikirkan cara terbaik dalam membenahi kesalahan anak, dengan mengkaji kondisi "dalam" dan "luar" diri anak, sehingga mereka dapat mengungkap hal-hal yang mendorong anak melakukan kesalahan.

Sangat penting bagi para ayah, dalam menyikapi kesalahan anak, untuk berlaku sebagaimana seorang dokter yang mendiagnosa sebab-sebab penyakit pasiennya dan kemudian memberikan resep yang tepat bagi kesembuhannya.*** 

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

 

Thu, 12 Sep 2019 @11:07

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved