Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Mailakat pun Dapat Syafaat Cucu Rasulullah saw

image

Dari Salman Al-Farisi ra berkata: “Pada suatu hari aku menghadiahi Rasulullah saw seikat anggur tanpa menggunakan piring. Rasulullah saw berkata kepadaku: Wahai Salman, panggilah Al-Hasan dan Al-Husain untuk makan anggur ini bersamaku! Aku (Salman) pergi mencari kedua anak itu ke rumah kedua orang tuanya, tetapi aku tidak menemukannya.

Aku kembali kepada Rasulullah saw dan memberitahukan hal itu. Nabi bangkit dan mencari Al-Hasanain as. Tampak wajah Beliau saw rasa khawatir. Beliau berseru: Wahai anakku, wahai cahaya hatiku, barangsiapa yang dapat menemukan kedua anakku maka ia akan mendapatkan surga.”

Jibril turun dan berkata: “Wahai Muhammad mengapa engkau berteriak?” “Aku berteriak memanggil kedua anakku." Lalu Jibril as berkata: “Kedua anakmu berada di kebun miliki Bani Dahdah.”

Rasulullah saw segera bergegas menuju tempat yang ditunjukkan Jibril as dan menemukan kedua sedang tidur di kebun itu dengan saling berpelukan.

Sementara di samping ada seekor ular yang pada mulutnya terdapat sesuatu yang diusapkan ke wajah kedua anak itu.

Rasulullah saw segera mengambil kedua anak itu dan tiba-tiba ular itu berkata:

“Assalamu’alaika Ya Rasulullah saw, sebenarnya aku bukan ular. Aku adalah malaikat karrubi yang lalai berdzikir kepada Allah sekejab mata sehingga Allah murka dan aku dijadikan ular oleh-Nya, aku diusir dari surga dan diturunkan ke bumi. Bertahun-tahun aku mencari seorang yang mulia untuk memberikan syafa’atnya kepadaku di depan Allah, semoga dengan itu Allah akan memaafkan aku dan mengembalikan aku menjadi malaikat.”

Rasulullah saw menjawab salamnya sambil memeluk Al-Hasan dan Al-Husain dan menciumi kedua anak itu hingga keduanya terbangun. Diletakkan kedua anak kesayangannya itu di atas pangkuannya. Rasulullah saw berkata: “Wahai anak-anakku, ular ini adalah malaikat yang dihukum Allah menjadi ular karena ia lupa berdzikir sekejab mata dan ia memohon agar kalian mensyafa’atinya, syafa’atilah dia!”

Al-Hasan dan Al-Husain bangkit dan berdoa: “Yaa Allah, atas nama kakekku yang terhormat dan yang kami cintai, Muhammad Al-Musthafa saw, atas nama ayahku Ali Al-Murtadha, atas nama ibuku Fatimah Az-Zahra, kami memohon ampunan atasnya.”

Begitu doa itu selesai dibacakan oleh keduanya, Jibril as datang bersama para malaikat dan menyampaikan berita gembira kepada malaikat tersebut bahwa Allah Swt meridhainya dan mengembalikannya pada kedudukan semula. Para malaikat itu kemudian naik ke langit sambil bertasbih kepada Allah Swt.

Sesaat kemudian Jibril as kembali turun kepada Rasulullah saw, sambil tersenyum dan berkata: “Wahai Rasulullah saw, malaikat yang baru saja mendapat syafa’at menjadikan syafa’at kedua anakmu ini sebagai kebanggaan, ia ceritakan kepada setiap malaikat di tujuh langit dengan mengatakan: “Tidak ada yang seperti aku, aku disyafa’ati dua cucu Rasul saw yang mulia, Al-Hasan dan Al-Husain.” *** 

SUMBER: Bihar Al Anwar jilid 34, halaman 313; Al ‘Awalim jilid 16, halaman 66, hadits ke-4; Ma’ali As Sibthain jilid 1, halaman 83.

CATATAN: Hasanain yaitu Imam Hasan al-Mujtaba as dan Imam Husain as, dua putera Imam Ali bin Abi Thalib as, cucu Nabi Muhammad saw yang dalam sejumlah hadisnya diisyaratkan bahwa keduanya adalah penghulu pemuda di surga.

Sun, 15 Sep 2019 @13:51

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved