Rubrik
Terbaru
Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah: Senyum dan Mengelabui Anak Kecil

image

Tanya: Sebagian keluarga menganggap bahwa senyum kepada anak kecil akan merusak mereka. Apakah anggapan ini benar menurut Anda? 

Jawab: Sungguh mereka sangat keliru. Sebab senyum kepada anak justru akan membuat mereka merasakan cinta, kasih sayang, dan perhatian dari keluarga, sehingga hatinya dipenuhi rasa dan mudah ditarik ke arah ayah atau ibunya; karena dia merasakan cinta keduanya yang diungkapkan melalui senyuman itu. Pada akhirnya, si anak akan mudah menerima ajaran dan nasihat dari keduanya; sebagaimana manusia mudah menerima saran dari orang yang dicintainya.***

 
Tanya: Bagaimana Anda memandang masalah bersikap jujur pada anak? Apakah boleh sebuah keluarga mengelabui anak-anak mereka?

Jawab: Saya yakin masalah kejujuran merupakan faktor mendasar dalam pendidikan. Sebab seorang anak akan merekam cara dan metode yang digunakan keluarga (dalam berhubungan dengannya). Apabila anak melihat adanya kebohongan dalam ucapan, perasaan, janji, dan sebagainya maka dia akan beroleh pelajaran tentang berbohong.

Dalam sebuah hadis disebutkan: apabila kalian berjanji kepada anak-anak, maka penuhilah janji kalian. Sebab mereka tidak memandang kecuali bahwa kalian adalah orang-orang yang memberikan rezeki kepada mereka.

Oleh karena itu, kita meyakini bahwa tidak ada perbedaan antara sikap dusta pada anak-anak maupun kaum dewasa. Kebohongan adalah memberikan gambaran atau peristiwa yang tak sesuai dengan kenyataan, sehingga orang yang mendapatkan berita seperti itu akan beroleh gambaran tak benar; kedua, menanamkan bibit kebohongan pada anak. *** 

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

 

 

Thu, 19 Sep 2019 @11:31

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved