Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Sayyid Fadhlullah: Dampak Mencela Tindakan Anak

image

Tanya: Seringkali para ayah dan ibu mencela tindakan anaknya di hadapan tamu. Apa dampak-dampak negatif dari sikap seperti ini? Apa saran Anda untuk para keluarga? 

Jawab: Mengritik orang lain di hadapan orang ketiga berarti menampakkan kepadanya (orang ketiga) bahwa pihak yang dikritik adalah pribadi yang lemah dari sisi akhlak, ilmu, hikmah, akal, dan sebagainya. Ini meremehkan kehormatan seseorang dan menimbulkan pada dirinya perasaan sakit hati, sedih, dan lemah. Sikap seperti ini tidak boleh dilakukan terhadap anak-anak atau pun orang dewasa. Sebab kita tidak berhak menjatuhkan kehormatan orang lain. Kita boleh mengkritik orang lain dengan kritik yang membangun atau membina. Kritik membangun berguna untuk mencegah terjadinya prilaku tercela. 

Dalam sebuah hadis disebutkan, “Barangsiapa yang menasihati saudaranya secara diam-diam, maka dia telah menghargainya. Dan barangsiapa yang menasihati saudaranya secara terang-terangan maka dia telah menghinakannya.” Tidak ada perbedaan dalam hal itu, baik anak-anak kecil maupun kaum dewasa. Sebab itu berhubungan dengan kehormatan manusia. ***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Tue, 1 Oct 2019 @14:16

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved