Rubrik
Terbaru
Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

7 Tokoh Syiah dalam buku 500 tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia tahun 2020

image

500 Musim Paling Berpengaruh adalah sebuah buku terbitan tahunan yang pertama kali diterbitkan pada 2009, yang mencantumkan Muslim-Muslim paling berpengaruh di dunia. Buku tersebut dikompilasikan oleh Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam di Amman, Yordania yang laporannya dikeluarkan secara tahunan.

Dalam pengantarnya, tim penyusun buku 500 tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia tahun 2020 menyebutkan ada sekitar 1,93 miliar Muslim di dunia saat ini. Jumlah tersebut mencapai sekitar 25 persen populasi dunia. 

“Publikasi ini bertujuan untuk memastikan pengaruh sebagian umat Islam terhadap komunitas ini, atau pada nama komunitas. Pengaruhnya adalah: siapa saja yang memiliki kekuatan (baik itu budaya, ideologis, keuangan, politik atau lainnya) untuk melakukan perubahan yang akan berdampak signifikan pada Muslim dunia,” tulis buku ini. 

Pada peringkat 50 besar tokoh Muslim berpengaruh terdapat ulama dan kepala negara. Pengaruh mereka yang dominan dan langgeng tidak dapat disangkal, terutama para penguasa dan tokoh ulama. Sebenarnya komunitas Ahlulbait sudah berkali-kali menjelaskan perihal eksistensi Mazhab Syiah yang secara International sudah diakui oleh dunia Islam sebagian bagian integral dalam Islam, namun penulis kira masih penting untuk menyampaikan kepada khalayak, khususnya muslim di Indonesia yang masih asing dengan Mazhab Syiah dan juga banyak menganggapnya sebagian ajaran di luar Islam. 

Dengan dirilisnya 500 Musim Paling Berpengaruh yang pertama kali diterbitkan pada 2009 sampai dengan sekarang selalu memasukkan tokoh Muslim Syiah ke dalam daftar tokoh Muslim paling berpengaruh. 

Di antara para tokoh berpengaruh itu ada Ayatullah Sayyid Ali Khamenei, pemimpin besar Republik Islam Iran berada dalam posisi ke-2, Ayatullah Sayyid Ali Hussein Sistani, seorang Marja, dari Najaf, Irak berada dalam posisi ke-8, Seyyed Hasan Nasrallah, Sekjen Hizbullah berada di urutan 21, Sayyid Abdul-Malik Al-Houthi, Pemimpin Houthi, Yaman berada di urutan 34, Shah Karim Al-Hussayni Imam Ismaili Muslims berada di urutan ke-31 Professor Seyyed Hossein Nasr, Filsuf dan Guru Besar Universitas di AS berada di urutan 41, dan Muqtada Sadr, Intelektual dan Politisi dari Irak berada di posisi 45. 

Lengkapnya klik https://www.ahlulbaitindonesia.or.id/berita/index.php/s13-berita/7-tokoh-syiah-masuk-dalam-50-muslim-paling-berpengaruh-di-dunia/

Tue, 8 Oct 2019 @10:17


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved