Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Membaca Al-Quran untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia

image

Soal: Apakah membaca Al-Quran untuk orang-orang yang telah meninggal dunia (wafat) itu dapat dibenarkan?

Jawab: Apabila ada orang Islam (muslim/muslimah) meninggal dunia atau wafat, maka kerabat (keluarga) dan orang beriman lainnya harus melaksanakan amalan-amalan seperti memandikan, mengakafankan, menshalatkan, dan menguburkan serta kewajiban-kewajiban yang telah berlalu dari seorang mukmin harus segera dilaksanakan. Namun pelaksanaan sebagian amalan untuk orang yang telah meninggal dunia, mustahab (sunah) di antaranya bersedekah, berdoa, dan membaca Al-Quran.

Dalam kaitannya dengan penetapan terkabulkannya bacaan al-Quran bagi orang-orang yang telah meninggal terdapat dua jenis dalil. 

Pertama adalah riwayat-riwayat yang menjelaskan secara umum supaya tetap mengingat orang-orang yang telah meninggal dunia. Mereka mendapatkan keberkahan dari kebaikan-kebaikan yang kalian lakukan dan bacaan al-Quran merupakan perbuatan baik dan terpuji. Dalam hal ini, terdapat beberapa riwayat sebagai berikut: 

Diriwayatkan dari Rasulullah Saw, “Jangan lupakan orang-orang yang telah istirahat tenang di alam kubur di antara kalian. Orang-orang yang telah meninggal dari kalian menantikan kebaikan dari kalian. Mereka terpenjara dan berharap pada perbuatan-perbuatan baik kalian. Mereka sendiri tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya sendiri. Hadiahkan mereka dengan sedekah dan doa” (Syaikh Hasan bin Ali Yazdi, Anwār al-Hidāyah, halaman 115; Capkhaneh Nu’man, Najaf, Irak).” 

Imam Shadiq As bersabda, “Orang mati akan merasa gembira karena mengharapkan rahmat dan ampunan yang dilimpahkan kepadanya sebagaimana orang hidup akan bergembira ketika memperoleh hadiah”  (Muhammad Muhsin Faidh Kasyani, Mahajjat al-Baidhā, jilid 8, halaman 255; Capkhaneh Shaduq, Tehran, Iran). 

Kedua adalah riwayat-riwayat yang menjelaskan tentang pengaruh bacaan al-Quran bagi orang yang telah meninggal dunia. Seperti dalam riwayat Imam Ridha As bersabda,“Barangsiapa yang berziarah ke kuburan seorang beriman dan membacakan tujuh kali surah al-Qadr maka Allah Swt akan mengampuni pemilik kubur itu”  (Muhammad Baqir Majlisi, Bihār al-Anwār, jilid 79, halaman 169, Mansyurat Capkhaneh Islamiyah, Tehran, Iran). *** 

Sumber https://www.islamquest.net/id/archive/question/fa4017

Thu, 10 Oct 2019 @14:30

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved