Rubrik
Terbaru
Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah: Menerima Anak Apa Adanya

image

Tanya: Sebagian orang mengatakan bahwa keluarga dan pendidikan harus menerima anak apa adanya, agar dia tumbuh besar secara alami. Benarkah pendapat ini? 

Jawab: Sesungguhnya, menerima anak apa adanya sangat berguna secara pendidikan. Akan tetapi, bagaimanakah caranya sehingga kita dapat mengungkap hakikat anak? Kita hanya mampu mengungkap bentuk tidak hakikinya. Sebab kita hanya melihat bentuk luar yang ada di hadapan kita, sementara di balik bentuk luar itu tersembunyi dari pandangan mata kita.

Benar, kita harus jeli dalam menentukan persoalan karena anak kecil berbeda dengan anak yang beranjak dewasa. Anak kecil banyak mengalami kesulitan lantaran banyak tak mengerti hal-hal di sekelilingnya. Agar kita bisa memberikan pengertian kepada anak kecil, maka kita harus memandang bahwa mereka tersembunyi di balik kabut rasa takut atau kegundahan yang menghalangi mereka menyingkapkan apa yang ada pada diri mereka.

Sebagian orang berkata, “Apabila Anda tak mampu menyingkap hakikat anak Anda di rumah atau sekolah, Anda mungkin bisa menyingkapkannya di tengah permainan. Selidikilah rahasia anak, kemudian pilihlah cara pengobatannya.” *** 

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

 

Wed, 23 Oct 2019 @10:31

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved