Rubrik
Terbaru
Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Buku FILSAFAT SEJARAH: Profetik, Spekulatif, dan Kritis

image

 

Filsafat adalah penting untuk dapat membangun kesadaran dunia sejarah. Hadirnya kajian filsafat dalam ilmu sejarah menjadi sangat menarik karena keduanya mampu mempelajari masa lampau secara lebih kritis dan komprehensif. Untuk dapat memahami lebih luas tentang filsafat sejarah, buku ini tepat jika dijadikan sebagai bahan referensi.

Buku ini menjabarkan tentang bagaimana Islam memandang sejarah sebagai kajian ilmu pengetahuan atau yang lebih dikenal dengan filsafat sejarah proetik; bagaimana para filsuf sejarah berbicara tentang dunia sejarah sehingga tercipta berbagai teori dan argumen pendukungnya; serta munculnya pemikiran filsafat sejarah kritis dengan berbagai aspek seperti etika, estetika, epistemologi, metodologi, dan historiografi sebagai reaksi atas eksistensi pemikiran filsafat sejarah spekulatif.

Mengangkat tema sejarah dengan sudut pandang yang berbeda, buku Filsafat Sejarah ini patut dijadikan pedoman bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di program studi sejarah dan peradaban Islam di kampus-kampus UIN se-Indonesia maupun universitas lainnya.

Di luar lingkungan akademis, buku ini mampu menjadi sumbangan ilmu pengetahuan bagi masyarakat umum yang memiliki ketertarikan lebih terhadap kajian sejarah. Hadirnya buku ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan manfaat kepada para pembaca untuk lebih memahami tentang dunia sejarah. ***

Judul buku: FILSAFAT SEJARAH: Profetik, Spekulatif, dan Kritis

Penulis: Ajid Thohir dan Ahmad Sahidin

Penerbit: Prenada Media Bandung

Tahun: 2019

Harga buku: Rp 85.000 

Pemesanan buku melalui Facebook: Guruh Rajawali


 

Mon, 4 Nov 2019 @11:48

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved