Rubrik
Terbaru
Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Sayyid Fadhlullah: Berjanji Membeli Barang yang Diminta jika Sudah Tersedia

image

Soal: Sebagian orang mengunjungi pusat-pusat pameran mobil atau pusat perbelanjaan lain yang meminta spesifikasi tertentu yang mereka inginkan atas mobil atau atas suatu komoditas tertentu; dan mereka benar-benar berjanji kepada para penjual untuk membeli produk yang mereka minta ketika itu tersedia. Apakah janji ini dipandang mengikat menurut hukum? 

Jawab: Jika janji itu mencakup suatu permintaan untuk benar-benar mengimpor produk kepada kredit pembeli sehingga pemilik perusahaan komersial menjadi agen resmi pembeli dalam proses pembelian atau jika masalah itu mengambil bentuk dari suatu bisnis yang baku, maka janjinya mengikat dalam kasus yang disebutkan.

Adapun ketika situasi hanya tentang bernegosiasi atau tawar menawar maka tidak ada komitmnen transaksi di dalamnya. Dalam hal demikian, tidak ada faktor yang mengikat dalam kasus yang disebutkan menurut perspektif perjanjian (kontrak). Karena, sesungguhnya tidak ada kontrak yang resmi di antara kedua belah pihak, yakni di dalamnya tidak ada suatu perwakilan maupun transaksi bisnis. Meski demikian adalah lebih baik untuk menepati janjinya agar terbebaskan dari beban yang ditanggung. ***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Soal Jawab Fikih Kontemporer. Cianjur: Titian Cahaya, 2005)

 

 

Tue, 3 Dec 2019 @12:15

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved