Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

Etika Bersahabat [by Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah]

image

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, dan shalawat serta salam-Nya semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad, keluarganya yang suci, para sahabatnya yang terpilih dan para Nabi dan Rasul yang lain. 

Islam sangat menekankan supaya setiap kecintaan, kecenderungan, dan hubungan antar manusia didasari oleh fondasi yang kuat sehingga dengan itu akal dan naluri kita dapat terpuaskan. Hal itu disebabkan semua itu dapat mempengaruhi semua sisi dan segi kehidupan manusia, baik secara individu maupun sosial, baik secara ekstern maupun intern.

Substansi kecintaan, kecenderungan dan hubungan antarsesama manusia akan melahirkan kedekatan dan rasa kasih sayang di antara mereka, dan sebagai konsekuensinya semua dimensi kehidupan dan alam pemikirannya akan terpengaruh oleh gaya kehidupan orang lain, baik secara naluri maupun cara berpikir. Hal ini disebabkan kasih sayang (secara alamiah) akan membuat seseorang serupa dengan orang yang selalu dekat dengannya. 

Mengingat manusia memiliki naluri untuk hidup bermasyarakat, tidak suka hidup menyendiri dan ingin menjalani hidup di tengah-tengah masyarakatnya. Islam, baik di dalam Al-Quran maupun hadis para maksum sesuai dengan kebutuhan telah menyinggung banyak hal berkenaan dengan konsep bersahabat, tolok ukur memilih sahabat, cinta dan kasih. 

Acap terjadi hubungan kerabat dan keluarga tidak mampu menghilangkan dahaga jiwa seseorang sehingga merasa asing hidup di tengah mereka. Sementara juga sering terjadi orang-orang yang tidak memiliki hubungan kerabat dengannya, tetapi ia menganggap mereka sebagai keluarga sendiri dan menemukan dirinya satu pemikiran dan keinginan dengan mereka. 

Amirul Mukminin (Ali bin Abu Thalib) as pernah berkata, “Alangkah banyaknya saudara tidak dilahirkan oleh ibu kandungmu.” 

Allah Swt berfirman: Pada saat itu (Kiamat) orang-orang saling memusuhi sahabat mereka sendiri kecuali orang-orang yang bertakwa (QS Az-Zukhruf/43: 67). Dengan menilik pembahasan di atas bahwa sahabat sangat mempengaruhi sahabatnya yang lain. Allah Swt meminta kepada manusia supaya memilih sahabatnya dengan ekstra selektif. 

Selain menyinggung konsep bersahabat yang positif, membangun, dan bermanfaat, di dalam Al-Quran Allah juga menyinggung konsep bersahabat yang negatif dan berbahaya. *** 

Sumber buku Etika Ukhuwah Menurut Islam karya Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah (Jakarta: Fathu Makkah, 2004)

 

 

 

 

 

 

 

Mon, 23 Dec 2019 @10:56

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved