Rubrik
Terbaru
Telegram Misykat
image

.

YouTube Misykat TV
image

.

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO KAJIAN ISLAM

TATA CARA SHALAT

Minat beli buku klik covernya
image

 

Flash Disk OTG Kajian Islam
image

.

Facebook Misykat
image

.

BAHAN BACAAN (Buku PDF)
image

 

(Ulasan buku) Periwayat Syiah dalam Kitab Sahih Al-Bukhari dan Sahih Muslim

image

Oleh sebagian umat Islam, Syi'ah kerap dituding sebagai aliran sesat dan menyesatkan, bahkan divonis kafir. Para pengikutnya  sering didiskriminasikan dan diekskomunikasikan dari masyarakat. Tidak jarang terjadi benturan dan pertentangan antara pengikut Syi'ah dan bukan Syi'ah.

Kenyataannya, justru banyak orang orang Syi'ah yang menjadi periwayat (perawi) di dalam jalur transmisi hadis (sanad) seperti termaktub di dalam kitab Sahih Al Bukhari dan Sahih Muslim. Oleh muslim Ahlus Sunnah wal Jama'ah (Sunni) kedua kitab ini diyakini kebenaran, autentisitas dan otoritasnya setelah kitab suci Al Qur'an.

Adalah Dr. Alwi bin Husin, MA.Hum yang kemudian melakukan penelitian yang mendalam dan sangat cermat terhadap para perawi Syi'ah dalam berbagai tingkatan (termasuk yang disebut sebut sebagai rafidhah) dan berhasil mempertahankan disertasinya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 29 April 2019 dengan yudisium cum laude, dan meraih gelar doktor.

Beliau bahkan mendapatkan apresiasi berupa piagam sarjana S3 terbaik di Sekolah Pascasarjana tahun akademik 2018/2019. Penelitian, yang kemudian tertuang di dalam buku setebal 700 halaman lebih dan dilengkapi ratusan referensi - itu mengungkapkan adanya 56 orang perawi Syi'ah di dalam kitab Sahih Al Bukhari yang meriwayatkan 2.854 hadis, dan 36 orang di dalam kitab Sahih Muslim dengan 3.871 hadis.

Imam Bukhari maupun Imam Muslim terbukti tidak menjadikan 'keyakinan/aliran/doktrin mazhab yang dianut periwayatnya' sebagai ukuran untuk dapat diterima atau tidak diterima di dalam meriwayatkan hadis.

Yang menjadi fokus penilaian keduanya terhadap para perawi adalah sifat saduq atau kejujuran serta thiqah atau dapat dipercaya dan bertanggung jawab secara moral dan intelektual.

Kita mungkin hampir tidak percaya bahwa ternyata orang orang Syi'ah menjadi guru Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Misalnya, ketika membicarakan 'Ubayd Allah ibn Musa, Al-Dhahabi menulis di dalam Asma'nya: 'Guru Al Bukhari, thiqah, shi'i jalad'. 

Lalu, tentang Abu Nu'aym Al Fadl ibn Dukayn, Ibn Athir menulis: “Dia guru Imam Bukhari dan Muslim.....shi'iyyan”.

Yang lebih menakjubkan lagi ialah terungkap adanya relasi mutualistik dan harmonis antara kedua imam hadis Sunni ini dengan para periwayat dari komunitas muslim Syiah.

Hendaknya, hal ini menjadi pembelajaran buat kita semua dalam menciptakan kerukunan dan kedamaian diantara sesama umat, khususnya antara muslim Sunni dan muslim Syiah. ***

Sumber https://www.kompasiana.com/rikitsan/5dbfb38fd541df4b675dd3a3/perawi-syi-ah-di-dalam-hadis-sunni?page=all

Mon, 2 Mar 2020 @13:56

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved