Rubrik
Terbaru
Telegram Misykat
image

.

YouTube Misykat TV
image

.

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO KAJIAN ISLAM

TATA CARA SHALAT

Minat beli buku klik covernya
image

 

Flash Disk OTG Kajian Islam
image

.

Facebook Misykat
image

.

BAHAN BACAAN (Buku PDF)
image

 

Inilah Makna Hikmah

image

Sebagian filsuf, seperti Husein Nasr lebih suka menggunakan kata hikmah dibanding filsafat. Al-Quran sendiri menggunakan kata hikmah.

Menurut Imam Syafi’i yang dimaksud dengan hikmah dalam ayat 269 dari surah al-Baqarah adalah sunnah. Ia mengatakan Allah menyebut kata kitab dan itu adalah al-Quran dan juga hikmah. "Aku mendengar dari ahli ilmu al-Quran yang paling aku ridhai, menurutnya itu adalah sunnah Rasulullah saw. Ulama yang lain memandang bahwa hikmah bukan sunnah Rasulullah saw, karena Allah mengatakan: Aku telah berikan kepada Luqman hikmah, karena hikmah Luqman bukanlah sunnah Rasulullah saw. Yang kedua hikmah itu dianugerahkan kepada siapa saja, 

يؤتى الحكمة من يشاء، و من يؤت الحكمة فقد أوتى خيرا كثيرا 

Allah menganugerahkan hikmah kepada siapa saja dan siapa yang dikaruniai hikmah ia telah diberi kebaikan yang banyak."

Jika hikmah diartikan sunnah Rasululah tidak mungkin diberikan kepada siap saja. Qurtubi sendiri dalam tafsirnya menyebutkan bahwa para ulama ikhtilaf tentang makna hikmah di dalam al-Quran. Ibnu Abbas menganggap hikmah adalah kenabian.

Sementara bagi Siddi hikmah adalah makrifat al-Quran; naskh-mansukh, muhkam, mutasyabih, makna-makna yang asing (gharib), yang didahulukan (muqadam) dan yang diakhirkan (muakhar). Adapun Qatadah dan Mujahid menyebut hikmah sebagai pemahaman yang mendalam (fiqh) tentang al-Quran, Mujahid menambahkan hikmah adalah akurat dan tepat dalam perkataan dan perbuatan.

Ibnu Zayd mengatakan hikmah adalah nalar dalam beragama. Malik bin Annas mengatakan hikmah adalah makrifat tentang agama Allah, memahaninya dan mengikutinya. Ibnu Qasim menjelaskan hikmah adalah tafakur tentang Allah, dan mengikuti-Nya. Qurtubi mengatakan, hikmah adalah kitabullah sekaligus sunnah Rasulullah. Ada juga yang mengatakan hikmah adalah wara dan hikmah adalah rasa takut (khasyah). ***

Dr Nano Warno, dosen STFI Sadra Jakarta

Wed, 4 Mar 2020 @13:15

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved