Rubrik
Terbaru
Telegram Misykat
image

.

YouTube Misykat TV
image

.

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO KAJIAN ISLAM

TATA CARA SHALAT

Minat beli buku klik covernya
image

 

Flash Disk OTG Kajian Islam
image

.

Facebook Misykat
image

.

BAHAN BACAAN (Buku PDF)
image

 

Kekacauan berfikir ormas keagamaan

image

Kekacauan berfikir ormas keagamaan, lain karena dalam beragama tidak dipagari dengan madzhab dan manhaj. Kalau kita depan, belakang, kanan kiri dipagari; fikih madzhab syafii, akidah manhaj Abu Al-Hasan al-Asyari dan Abu Manshur Maturidi, tasawuf Imam Ghazali dan Imam Junaid, Masyrab Thariqah Abu Hasan Syadzili dan banyak ulama lainnya. 

Fikih sendiri mempunyai cara berfikir manhajnya sendiri runut dari Usul Fiqih dasar Waraqat sampai Al Furuqnya al-Qarafi, dai Kifayatul Atqiya sampai Ihya al-Gazali, dari Sanusiah-kifayatul Awam sampai Umul Barahin, dari bidayatul hidayah al-Gazali sampai Futuhat Makiyah Ibn Arabi. 

Pagar inilah yang membuat kita para alumni kurikulum kiyai, santri kultural yang tak mudah terinveksi paham aneh seperti HTI dan sejenisnya. Paham batasan musyrik (menyekutukan) dan muwahid (mengesekan), paham batas ghiroh ibadah (semangat dalam ibadah) dan guluw fidin (berlebihan dalam beragama). 

Ini yang menjadi benteng Indonesia, masyarakat santri yang tak bingung menempatkan diri sebagai muslim dan sebagai warga negara. Dan kita semua berhutang budi kepada para muasis NU, dan para ulama yang menjaga kontinuitas kurikulum ini selama berabad-abad, bukan hanya kurikulum yang menjaga sanad tetapi juga kurikulum yang menjaga logika agama. 

Bagaimana mungkin dalam kultur seperti ini akan lahir paham dangkal dan miskin nalar seperti HTI? Tidak mungkin. Usul saya kalau ormas tidak memiliki kurikulum seperti ini atau yang mendekati, untuk warganya, fokus jadi korporasi saja daripada organisasi keagamaan. Sebab اثمه اكثر من نفعه, dampak buruknya lebih besar daripada manfaatnya. *** 

Ahmad Tsauri

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10212979480680770&id=1804176800

Fri, 6 Mar 2020 @09:42

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved