Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

Menabung di Bank berlabel Syariah, Bank Non Islam, Bekerja dan Meminjam

image

Soal: Bagaimana menabung di bank yang berlabelkan syariah? Bagaimana membuka rekening di bank non Islam? Kemudian hukum bekerja di bank dan meminjam uang dari bank. Terima kasih. 

Jawab: Kami akan menjawab berdasarkan pendapat dari Syaikh Nasir Makarim Shirazy dan Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah.

Menurut Syaikh Nasir Makarim Shirazi bahwa berkenaan dengan bank syariah, diperbolehkan untuk membuka rekening tabungan di bank dengan ketentuan bahwa rekening tersebut dibuka berdasarkan prinsip-prinsip kontrak syariah atau bahwa seseorang umumnya memberi wewenang kepada otoritas bank untuk mengamati prinsip-prinsip ini sambil membuka rekening tabungan untuk mereka, dalam hal ini bunga yang diperoleh dari akun tersebut dianggap halal.

Sehubungan dengan bank-bank non-Islam, diperbolehkan untuk membuka rekening tabungan di bank-bank non-Islam dan menggunakan bunga yang diperoleh dari mereka kecuali ada yang yakin bahwa uang yang dia setor di bank-bank tersebut digunakan dalam bisnis yang melanggar hukum seperti pembuatan anggur, dalam hal ini tidak diizinkan sebagai tindakan pencegahan wajib.

Kemudian terkait dengan bekerja, jika itu profesional dan memang tidak ditemukan pelanggaran dari agama maka bisa tetap bekerja di bank.

Menurut Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah bahwa meminjam dengan bunga sebagai bentuk riba tidak dibolehkan. Jika pinjaman dari bank tanpa keharusan untuk membayar bunga maka dibolehkan, tidak termasuk riba dan tambahan pembayaran menjadi ketentuan resmi, bukan ketentuan personal. ***

PERTANYAAN ANDA BISA DIKIRIM melalui Kontak Misykat

 

 

Thu, 19 Mar 2020 @06:46

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved