JUAL PRODUK ANDA

Anda bisa pasang IKLAN pada www.misykat.net dengan posisi banner atas, sisi kiri dan kanan. Kontak Chat WA: 0895-3755-29394

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

Komunitas MISYKAT
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

Marifat al-Quran (20): Kisah yang terbaik [by Kholid Al-Walid]

image

Nasihat dan pelajaran yang disampaikan melalui kisah seringkali lebih mudah dipahami dan merasuk ke dalam sanubari manusia. Kisah adalah pelajaran yang tak lekang terkena panas dan tidak lapuk terkena hujan. Setiap masa ada kisah yang luar biasa dan dapat menjadi pelajaran bagi manusia. Alquran menghadirkan kisah-kisah yang luar biasa untuk menyampaikan beragam pesan, pelajaran dan rahasia: 

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ اَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ هٰذَا الْقُرْاٰنَۖ وَاِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهٖ لَمِنَ الْغٰفِلِيْنَ

"Kami menceritakan kepadamu (Muhammad) kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al-Qur'an ini kepadamu, dan sesungguhnya engkau sebelum itu termasuk orang yang tidak mengetahui." (QS 12:3)

Kisah-kisah yang ditampilkan al-Qur'an adalah kisah yang terbaik "Ahsan al-Qasash” meliputi kisah para Nabi Allah SWT dan manusia-manusia pilihan yang real adanya dan bukan hasil imajinatif:

ذٰلِكَ مِنْ اَنْۢبَاۤءِ الْغَيْبِ نُوْحِيْهِ اِلَيْكَ ۗ

"Itulah sebagian dari berita-berita gaib yang Kami wahyukan kepadamu (Muhammad)" (QS 3:44).

Semua kisah yang disampaikan al-Qur'an terkandung padanya pelajaran agar manusia berfikir:

وَتِلْكَ الْاَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُوْنَ

"Dan perumpamaan- perumpamaan itu Kami buat untuk manusia agar mereka berpikir." (QS 59:21)

Al-Qur'an mengisahkan kisah Ashabul Kahfi sebagai tanda-tanda keagungan Allah yang menakjubkan:

 اَمْ حَسِبْتَ اَنَّ اَصْحٰبَ الْكَهْفِ وَالرَّقِيْمِ كَانُوْا مِنْ اٰيٰتِنَا عَجَبًا

 "Apakah engkau mengira bahwa orang yang mendiami gua, dan (yang mempunyai) raqim itu, termasuk tanda-tanda (kebesaran) Kami yang menakjubkan?" (QS 18:9)

 Al-Qur'an mengisahkan kisah Nabi Musa a.s yang luar biasa dalam menghadapi Fir'aun, ditengah kisah itu al-Qur'an memberikan pelajaran menarik: 

ذٰلِكَ بِاَنَّ اللّٰهَ لَمْ يَكُ مُغَيِّرًا نِّعْمَةً اَنْعَمَهَا عَلٰى قَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۙ وَاَنَّ اللّٰهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌۙ

 "Yang demikian itu karena sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu nikmat yang telah diberikan-Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui" (QS 8:53).

Sebuah hukum mendasar dalam kehidupan manusia yang berlaku untuk setiap keadaan dan zaman. Alquran mengajarkan bagaimana kekuatan keimanan pada Nabi Yusuf as dihadapan godaan yang luar biasa:

قَالَ رَبِّ السِّجْنُ اَحَبُّ اِلَيَّ مِمَّا يَدْعُوْنَنِيْٓ اِلَيْهِ ۚوَاِلَّا تَصْرِفْ عَنِّيْ كَيْدَهُنَّ اَصْبُ اِلَيْهِنَّ وَاَكُنْ مِّنَ الْجٰهِلِيْنَ

"Yusuf berkata, “Wahai Tuhanku! Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka. Jika aku tidak Engkau hindarkan dari tipu daya mereka, niscaya aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentu aku termasuk orang yang bodoh.” (QS 12:33)

Al-Qur'an mengabadikan dialog agung di antara dua hamba Allah yang mulia dalam keimanan menjalan perintah Allah SWT yang berat:

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ

"Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” (QS 37:102) 

Al-Qur'an menunjukkan derajat agung yang dapat dicapai sekalipun perempuan di tengah anggapan kaum jahiliyah Arab yang merendahkan posisi perempuan: 

وَاِذْ قَالَتِ الْمَلٰۤىِٕكَةُ يٰمَرْيَمُ اِنَّ اللّٰهَ اصْطَفٰىكِ وَطَهَّرَكِ وَاصْطَفٰىكِ عَلٰى نِسَاۤءِ الْعٰلَمِيْنَ

"Dan (ingatlah) ketika para malaikat berkata, “Wahai Maryam! Sesungguhnya Allah telah memilihmu, menyucikanmu, dan melebihkanmu di atas segala perempuan di seluruh alam (pada masa itu)." (QS 3:42) 

Ada banyak lagi kisah luar biasa yang di sampaikan Alquran. Karenanya, bukalah al-Qur'an dan pelajarilah kisah-kisah yang diungkapkan di dalamnya maka kita akan dapat pelajaran yang luar biasa. *** 

Kholid Al-Walid adalah dosen STFI Sadra Jakarta


Wed, 13 May 2020 @05:19

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved