Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

Mulyadhi Kartanegara: Menulis Tanpa Beban

image

Mulyadhi Kartanegara dikenal sebagai pakar bidang filsafat Islam dan memahami perkembangan khazanah intelektual Islam. Banyak karya tulis dihasilkan olehnya, baik dalam buku maupun jurnal dan catatan pada media sosialnya. Pada Minggu, 7 Juni 2020 pada Facebook group Belajar Filsafat dan Tasawuf bersama Mulyadhi Kartanegara, beliau berbagi pengalaman tulis menulis. Catatan ringkasnya kami sajikan berikut ini: 

The Art Of Writing Without Burden

Banyak buku penting yang kutulis kurang lebih satu bulan: Menembus Batas Waktu (24 hari) Integrasi Ilmu (27), Gerbang Kearifan (18), Reaktualisasi Tradisi Ilmiah Islam (30), Lentera Kehidupan (27). Salah satu rahasianya adalah ketika hendak menulis, aku  menulisnya dengan niat baik dan mengharap Ridha Allah. Setelah itu aku serahkan hasilnya kepada Allah, tanpa terlalu risau akan apa pendapat orang tentangnya! Dengan bebasnya dari rasa takut tersebut, tulisan mengalir dengan lancar. Aku menyebut cara ini dengan “seni menulis tanpa beban.” 

No Point Of Return

Rahasia menulis cepat berikutnya adalah menulis dengan tangan. Hampir semua karya tulis utamaku kutulis dengan tangan. Mengapa? Karena menulis dengan tangan akan mendorong kita dengan kuatnya untuk terus menulis hingga tuntas tanpa menengok ke belakang (biasanya sekali menulis satu bab, misalnya 8 bab pertama buku Integrasi Ilmu, aku selesaikan dalam 8 kali menulis). Dan itu yang membuat tulisanku meluncur dengan deras, tanpa banyak melakukan kesalahan. Jadi, no point to return adalah kuncinya. Dan itu tidak bisa terjadi kalau kita menggunakan komputer, karena godaan untuk merevisi dan karenanya sering kehilangan “flowing moment” menulis, yang membuat tersendatnya tulisan kita. 

Writing With No Reference

Rahasia menulis cepat yang ketiga adalah ketika menulis, aku menulis dengan menuangkan secara spontan apa saja yang didiktekan oleh pikiranku saat itu, tanpa terganggu oleh referensi yang biasanya selalu mendampingi penulis dan sangat menghambat flow tulisan kita. Bukan berarti aku tak mengutip, tapi aku mengutip ide sesorang bukan kata-perkatanya. Dengan terbebas dari referensi seperti itu, maka tulisanku bisa mengalir dengan begitu mulus dan cepatnya. 

Writing In Tranquil State of Mind

Satu lagi rahasia menulis efektif adalah menjaga jiwa (pikiran) dari kekeruhan mental agar tercapai kondisi pikian (state of mind) yang tenang, jadi rahasia kali ini bersifat non-teknis. Menurut pengalamanku sendiri, aku dapat menulis dengan baik dan lancar setelah aku mencapai tingkat ketenangan jiwa tertentu—yang sifatnya wajib—dengan cara tidak mengizinkan pikiran negatif masuk mengoroti jiwaku. Dengan cara itu aku dapat tetap mempertahankan stamina dan semangat menulisku dalam masa yang cukup panjang. Contoh menulis buku MLI (Mengarungi Lautan Ilmu, enam jilid) selama satu tahun penuh tanpa terputus!! 

Know Exactly What We Are Going To Write

Kadang salah satu faktor yang menghambat tulisan kita adalah tidak tahu persis mau menulis apa. Kita hanya punya ide besar yang samar-samar. Ada pun yang membuat aku menulis dengan relatif cepat adalah aku tahu dengan persis apa yang mau ditulis, dengan tahap-tahapannya (yang terbantunoleh outline yang biasanya aku tulis duluan) dan tahu ke arah mana tulisan akan kita bawa. Tanpa pengetahuan yang jelas apa yang ingin kita katakan, maka tulisan akan tersendat, entah untuk masa barapa lama. So please make sure that you what exactly you wanna say or write. It will help you great deal! ***

Mon, 8 Jun 2020 @08:09

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved