Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

Resensi buku Ensiklopedia Islam dan Iran: Dinamika Budaya dan Peradaban Islam yang Hidup

image

Buku yang dibaca berjudul Ensiklopedia Islam dan Iran: Dinamika Budaya dan Peradaban Islam yang Hidup ditulis oleh Ali Akbar Velayati dan diberi pengantar oleh Haidar Bagir. Buku ini terjemahan yang diterbitkan Mizan. Isi bukunya menguraikan khazanah peradaban Islam dalam sejarah mulai dari masa Dinasti Umayyah sampai Dinasti Safawiyah di Iran. 

Dari sisi keilmuan buku ini juga menguraikan konsep peradaban, budaya, dan kemajuan Islam dalam konteks dunia global. Bisa dikatakan romantisme historis tersaji dalam buku ini. Sehingga dengan membacanya akan diketahui bahwa umat Islam terdahulu telah berkarya dan kontribusi dalam peradaban dunia, yang jejak dan warisannya masih bisa kita ketahui dan nikmati. Salah satunya adalah karya tulis para ulama atau ilmuwan yang sampai kini masih digunakan dan dipakai sebagai bahan pembelajaran keagamaan maupun ilmu-ilmu lainnya. 

Buku ini bisa dikatakan lengkap, tetapi tidak komplet. Untuk ilmu-ilmu ternama yang menjadi penopang peradaban manusia seperti filsafat, astronomi, matematika, optik, geografi, sastra, kedokteran, sejarah, dan historigrafi diuraikan dengan menyajikan tokoh dan buku-bukunya. Bisa dikatakan kaya dengan wawasan bila membaca setiap ilmu yang disebutkan di atas. Uraiannya dari tokoh perintis sampai pengembang ilmu dibahas dengan kitab-kitab yang menjadi karya dari setiap tokohnya. 

Tentu buku tersebut memperkaya khazanah peradaban, terutama buku-buku sejarah, seperti karya Marshall GS Hodgson, Ira M.Lapidus, Philip K.Hitti, Bernard Lewis, Karen Armstrong, Joel Kraemer, dan lainnya. Tidak disangsikan dari umat Islam pun lahir buku-buku tentang peradaban Islam yang sezaman dengan karya orientalis di atas, seperti Ziauddin Sardar, Hasan Ibrahim Hasan, Mahmuddin Nasr, Hossen Nasr, dan Ameer Ali.  

Catatan saya terkait dengan “Ensiklopedia Islam dan Iran” bahwa buku ini banyak memunculkan tokoh-tokoh ilmuwan dari Persia. Seakan-akan peradaban Islam di masa lalu lahir dari orang-orang Islam yang berkebangsaan Persia. Memang harus diakui dalam sejarah bahwa orang-orang dari Persia ini banyak yang menjadi ilmuwan dan berkarya dalam bidang-bidang ilmu pengetahuan. Meski tidak dinafikan ada peran serta dari raja-raja yang berkuasa, yang notabene dari kaum Arab, yang memberikan keleluasaan untuk mengembangkan ilmupengetahuan di zamannya. 

Selanjutnya, khazanah terkait dengan fikih, ushul fikih, tasawuf, teologi, tafsir Quran, atau yang terkait dengan ilmu-ilmu agama tidak dimunculkan sebagaimana ilmu-ilmu yang disebutkan di atas. Mungkin akan semakin menarik jika ilmu-ilmu agama pun diuraikan dengan baik dari perkembangannya. Sebab khazanah ilmu-ilmu agama pun bagian dari khazanah peradaban Islam, yang sampai hari ini pun terus berkembang dan dibutuhkan oleh umat Islam. Cag! *** (ahmad sahidin)

 

Thu, 11 Jun 2020 @20:49

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved