Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

Resensi buku Etika Ukhuwah menurut Islam

image

Alhamdulillah sudah selesai juga membaca buku. Yang dibaca karya Sayyid Muhammad Husein Fadhlullah dengan judul Etika Ukhuwah menurut Islam. Buku ini terjemahan yang diterbitkan Fathu Makkah, tahun 2004. Isi buku merupakan uraian Sayyid Fadhlullah tentang ukhuwah, tasamuh (toleransi) dan etika dalam ajaran Islam dengan merujuk pada al-Quran dan hadis-hadis Nabi Muhammad saw dan Ahlulbait as. 

Meski ada kata dan kalimat yang rancu saat dibaca, tetapi secara umum sesuai dengan judulnya hendak menguatkan keperibadian umat Islam, terutama generasi muda dalam persaudaraan, persahabatan, dan pergaulan keseharian. 

Melalui buku ini, Sayyid Fadhlullah memberikan panduan untuk generasi muda dalam menjalani aktivitas dengan kupasan ayat-ayat al-Quran dan hadis-hadis Rasulullah saw serta keluarganya. 

Bahkan disajikan rangkaian tanya jawab tentang persahabatan dan persaudaraan. Di antara uraian yang menjadi tanya jawab antara jamaah dengan Sayyid Fadhlullah adalah tentang pilihan marja taqlid yang memutuskan hubungan pertemanan. Kerap kali hanya karena beda marja taqlid kemudian terjadi kerenggangan dalam interaksi dengan teman. Karena beda ulama yang dirujuk sehingga tidak mau lagi berteman. Sayyid Fadhlullah menilai yang demikian tidak membawa maslahat sehingga untuk pertemanan dan persaudaraan jangan didasarkan pada marja, tetapi pada kualitas akhlak. 

Memang demikian. Jangan sampai ada sekat untuk persaudaraan. Semua orang yang ingin tercipta ukhuwah maka harus menjadikan dirinya seperti rumah bagi orang lain yang dapat menampung orang yang butuh perlindungan. *** (ahmad sahidin)

Buku Etika Ukhuwah menurut Islam versi PDF bisa diunduh (klik ini)

 

Sun, 14 Jun 2020 @07:11

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved