Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

GUS MIFTAH [by Zuhairi Misrawi]

image

Saya menyebutnya "ulama muda brilian". Ia adalah Miftah Fauzi Rakhmat. Saya lama mengenalnya walau hanya selintas. Tapi pandemi membawa berkah karena kami berdua akhirnya mempunya majlis ilmu bersama melalui laman ZOOM dan Youtube.  

Dalam beberapa bulan terakhir, tepatnya sejak pandemi ini melanda negeri kita, saya dan Gus Miftah mempunyai dua acara rutin di kanal youtube ISLAM RAMAH TV, yaitu NGAJI KITAB ONLINE setiap Jumat malam. Kami berdua sedang mengaji kitab ISLAMUNA FI AL-TAWFIQ BAYN AL-SUNNAH WA AL-SYIAH (ISLAM KITA: TITIK-TEMU SUNNI-SYIAH), karya Dr. Musthafa Rafi'i, ulama asal Libanon, lulusan Universitas al-Azhar, Mesir dan Universitas Sorbonne, Paris, Perancis.  

Buku ini, menurut saya, termasuk salah satu buku yang terbaik dalam studi titik-temu Sunni-Syiah yang di dalamnya membahas tentang perlunya membangun persaudaraan di tengah perbedaan dalam beberapa hal, khususnya fikih. Intinya, konflik Sunni-Syiah itu masa lalu, dan persaudaraan Sunni-Syiah adalah masa depan karena esensi Islam adalah persaudaraan sesama Muslim. 

Kedua, setiap Senin malam, saya bersama Gus Miftah dan para muballigh Ahmadiyah mempunyai KAJIAN LINTAS MAZHAB untuk memotret isu-isu kekinian dengan cahaya pemikiran keislaman.  

Jika teman-teman menonton kedua acara saya itu, maka pasti akan takjub dan terpesona karena kedalaman ilmunya dan kaya joke layaknya santri-santri pesantren pada umumnya. Kemampuannya menjelaskan detail-detail dalam al-Quran dan Sunnah Nabi membuat kita menikmati keindahan ajaran Islam.  

Di luar sana, ada nama GUS MIFTAH juga yang sangat populer karena dakwahnya yang menghibur dan merangkul. Dan GUS MIFTAH  yang ada dalam foto bersama saya di bawah ini tidak kalah menghiburnya. Saya menyebut kedalaman ilmunya sangat baik, bahkan di atas Gus Baha yang sangat populer di media sosial. Kalau tidak percaya, silakan nonton kajian di ISLAM RAMAH TV atau kanal youtube beliau NGOPI TV. 

Apa pun, persaudaraan itu inti ajaran Islam. Ulama NU sudah menegaskan pentingnya persaudaraan sesama Muslim (ukhuwwah islamiyah) sebelum persaudaran sesama warga bangsa (ukhuwwah wathaniyyah) dan persaudaraan sesama manusia (ukhuwwah insaniyyah).  

Perlu kiranya saya mengutip pandangan Dr. Musthafa Rafi'i dalam bukunya yang kami bahas setiap Jumat malam, bahwa kita ini umat Islam semuanya SUNNI karena selalu berpijak pada Sunnah Nabi dan kita juga SYIAH karena mencintai keluarga Nabi dan keturunannya. Intinya, kita ini semua adalah Muslim. Dan sesuai sabda Nabi Muhammad SAW, "Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim yang lainnya." 

Pandangan ini mencerminkan dengan baik persaudaraan kami berdua, sebagaimana tergambar dalam foto di bawah ini. Allahumma shalli 'ala Muhammad wa 'ala ali sayyidina Muhammad. Ghadan asyaddu isyra'qan. ***

Sumber artikel Fanpage Zuhairi Misrawi (14/07/2020)

 

Wed, 15 Jul 2020 @08:24

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved