Minat beli buku klik covernya
image

Minat BUKU hubungi WA Misykat

AUDIO KAJIAN ISLAM

Instagram MisykatNet
image

.

Follow Twitter Misykat
image

Silahkan ikuti Twitter Misykat

YouTube Misykat TV
image

Subscribe Channel Misykat TV

TATA CARA SHALAT

PENGUNJUNG

Flag Counter

Keajaiban Shalawat [by Ashaff Murtadha]

image

 

Seorang dosen di sebuah perguruan tinggi negeri di Jawa Timur, yang juga mengasuh pesantren. Ia selalu melazimkan membaca shalawat dan sebuah doa, di beberapa waktu setiap hari. Membaca shalawat dan doa, itu kebiasannya.

Suatu saat, di fakultasnya ada pemilihan dekan baru. Ternyata hanya ada satu kandidat kuat. Dan agar terlihat demokratis dan "pantas" disebut sebagai sebuah pemilihan, dimintalah dosen tersebut untuk mencalonkan diri, agar terlihat ada dua calon dalam pemilihan.

Singkat cerita, dosen itu bersedia mencalonkan atau dicalonkan. Pemilihan pun berlangsung. Setelah usai penghitungan, ternyata justru dia yang terpilih sebagai dekan, bukan kandidat kuat yang semula direncanakan akan menjadi dekan baru.

Sebelumnya, ia sangat ingin berhaji ke Baitullah. Namun kondisi ekonominya tidak memungkinkannya untuk menuju Tanah Haram. Kersaning Gusti Allah, dia diminta menjadi pembimbing haji, sehingga ia bisa berangkat haji secara gratis.

Dan ada banyak lagi perjalanan hidup lain yang ia rasakan mudah. Katanya kepada para mahasiswanya, ini berkah shalawat dan doa yang ia lazimkan setiap hari. 

Apakah shalawat bisa menuntun dan mengarahkan kebaikan hidup seorang Muslim yang Mukmin? 

Shalawat adalah perintah Allah kepada seluruh umat beriman. Sebelum perintah dikeluarkan, Dia sendiri dan para malaikat-Nya sudah dan terus bershalawat kepada Manusia Paling Agung di semesta ini. Satu-satunya perintah yang Dia wajibkan untuk para hamba-Nya yang didahului oleh tindakan-Nya sendiri terlebih dahulu, adalah shalawat.

Maka, shalawat jelas luar biasa, dan berdampak dahsyat. Apalagi bagi orang-orang yang melazimkannya dengan cinta kepada al-Mushthafa.
Allah menganugerahkan rahmat untuk para hamba-Nya melalui Muhammad. Karenanya pula Dia ciptakan alam semesta ini. Dan melalui Muhammad pula, setiap doa bisa melesat naik kepada Diri-Nya. Melalui Muhammad, rahmat-Nya diturunkan. Dan melaluinya pula doa-doa melesat kepada Tuhan.

Ada seseorang yang ahli negosiasi, outstanding negotiator, yang selalu berhasil bernegosiasi dengan kalangan mana pun (politisi, akademisi, pebisnis, pialang, profesor, termasuk kalangan awam). Jika ia bertemu dengan seseorang, ia selalu saja bisa mempersuasi orang tersebut. 

Dalam pandangan kebanyakan, orang yang akan ditemui itu sulit untuk diajak berbicara. Namun, ketika Si Negosiator ini datang dan berhasil menemuinya, ia bukan saja bisa berbicara leluasa dengan orang tersebut, melainkan bahkan orang itu mengikuti apa yang ditawarkan si negosiator ini.

Kami melihat, sepertinya, semua orang bisa "ditaklukkan" oleh sosok negosiator ini. Tidak ada yang tidak.

Suatu saat ia bercerita tentang apa resepnya untuk bisa berhadapan dengan orang-orang. Katanya, "Setiap kali saya hendak bertemu orang, saya membaca shalawat dulu."

Mungkin Anda, yang suka melazimkan shalawat setiap waktu, atau setiap teringat Rasul Saw, juga merasakan hal-hal yang menakjubkan atau bermakna bagi Anda.

Karena shalawat adalah bukti ikatan cinta seorang Mukmin dengan Nabi-Nya, dengan Kekasih-Nya.

Assalamu alayka ya Rasulullah....
Assalamu alayka ya Nur al-`Ayn...
Assalamu alayka ya Jadd al-Husayn...

Bandung, 17 Desember 2014
Ashoff Murtadha

 

 

Tue, 22 Dec 2020 @11:31

Copyright © 2021 Misykat · All Rights Reserved