Rubrik
Terbaru
Kirim Artikel & Pertanyaan

ke email: abumisykat@gmail.com

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

RSS Feed
Minat beli buku klik covernya
image

Minat BUKU hubungi WA Misykat

AUDIO KAJIAN ISLAM

Instagram MisykatNet
image

.

Follow Twitter Misykat
image

Silahkan ikuti Twitter Misykat

YouTube Misykat TV
image

Subscribe Channel Misykat TV

TATA CARA SHALAT

PENGUNJUNG

Flag Counter

Sosok Jalaluddin Rakhmat di Mata Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

image

Cendekiawan muslim, Jalaluddin Rakhmat, meninggal dalam 72 tahun, di Rumah Sakit Santosa, Bandung, Senin (15/2/2021). Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir ikut berduka atas meninggalnya almarhum yang dikenal produktif menulis. 

Haedar mengenal almarhum saat menimba ilmu di SMP Muhammadiyah 3 Bandung. Haedar juga pernah mengikuti Training Center Pemuda wilayah Jawa Barat yang saat itu almarhum menjadi master of training. 

“Semoga almarhum husnul khatimah, diampuni kesalahannya, diterima amal salehnya, serta ditempatkan di sisi Allah SWT,” kata Haedar. 

Haedar mengemukakan, almarhum Jalaluddin Rakhmat merupakan kader Muhammadiyah. Dia pernah menjadi pengurus Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Kota Bandung, serta guru di SMP Muhammadiyah 3 Padasuka Bandung. 

“Almarhum sebagai cendekiawan muslim yang produktif menulis dengan tulisan yang menarik, ceramah-ceramahnya juga memikat,” ujar Haedar. 

Haedar mengenang almarhum Jalaluddin Rakhmat memilih jalur pemikiran yang berbeda dari arus utama cendekiawan muslim Indonesia. Hal itu menjadi bagian dari dinamika seseorang dalam perjalanan hidupnya sekaligus keragaman dalam pemikiran keislaman di dunia Islam. 

Diberitakan sebelumnya, jenazah cendikiawan Jalaluddin Rakhmat langsung dimakamkan di pemakaman keluarga di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (15/2/2021) malam ini. Pemakaman berlangsung dengan protokol Covid-19 ketat. 

Jalaluddin sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test. Setelah menjalani perawatan beberapa hari di Rumah Sakit Santosa Internasional Bandung, Jalan Cibadak, Kota Bandung, Jalaludin Rahmat meninggal dunia, Senin (15/2/2021) pukul 15.45 WIB. 

"Sebelum meninggal, bapak awalnya mengalami gejala batuk-batuk dan demam. Lalu, oleh anaknya yang dokter, di-rapid test antigen dan hasilnya positif. Untuk memastikan, bapak menjalani swab test dengan hasil positif. Beberapa hari dirawat, saya lupa kapan mulai dirawatnya, bapak meninggal dunia hari ini," tutur Erwin Edi Sanjaya, staf pengajar di SMA Plus Muthahhari di Jalan Kampus II Nomor 13-17, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Senin malam. 

Menurut Erwin, jenazah Kang Jalal, sapaan akrab Jalaluddin Rakhmat, dimakamkan di pemakaman keluarga di SMP Plus Muthahhari di Lembang Gede, Cicalengka, Kabupaten Bandung. Pemakaman, pakar ilmu komunikasi dan sosilogi dilaksanakan dengan protokol Covid-19. 

"Malam ini juga langsung dimakamkan. Kami tidak bisa mengantarkan bapak ke tempat peristirahatan terakhirnya. Banyak juga warga di sini yang ingin mengantarkan bapak, tapi tidak bisa karena protokol Covid," kata Erwin. ***

Sumber https://nasional.okezone.com/read/2021/02/15/337/2362585/sosok-jalaluddin-rakhmat-di-mata-ketum-pp-muhammadiyah-haedar-nashir?page=2

Thu, 18 Feb 2021 @15:07

Copyright © 2021 Misykat · All Rights Reserved