Rubrik
Terbaru
Kirim Artikel & Pertanyaan

ke email: abumisykat@gmail.com

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

RSS Feed
Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

Instagram MisykatNet
image

.

Follow Twitter Misykat
image

Silahkan ikuti Twitter Misykat

YouTube Misykat TV
image

Subscribe Channel Misykat TV

TATA CARA SHALAT

PENGUNJUNG

Flag Counter

Shalawat dan Rabiah Adawiyah

image

Fariduddin al-Attar dalam kisah Rabiah al-Adawiyah menjelaskan kemiskinan yang mengarungi kehidupan keluarganya. Kondisi rumah orangtua Rabiah gelap gulita ketika ia lahir. Tidak ada setetes pun minyak untuk menerangi lampu. Termasuk sehelai kain tak ada untuk melindungi jabang bayi yang baru lahir dari hawa dingin.

Sang ibu memaksa suami meminta minyak ke sanak tetangga. Dengan berat hati, si suami melangkah. Tapi usaha mendapatkan minyak nihil.  Si suami tak biasa meminta sesuatu selain kepada sang Khalik, Allah. Ayah Rabiah pulang menceritakan ke isteri upaya mencari minyak. Lalu ayah Rabi’ah memeluk si bayi sambil tertidur.

Dalam tidurnya, ayah Rabi’ah mimpi berjumpa dengan Rasulullah SAW dan berkata, “Janganlah engkau bersedih hati karena putrimu yang baru lahir itu kelak akan menjadi orang yang terhormat.”

Masih dalam mimpinya, Rasulullah SAW berpesan kepada ayah Rabi’ah agar menulis sebuah surat kepada gubernur (‘amir) Basrah, “Tulislah: Wahai ‘amir, engkau biasanya membaca shalawat 100 kali setiap malam dan 400 kali setiap malam Jumat. Tetapi, dalam Jumat terakhir ini engkau lupa melaksanakannya. Karena itu, hendaklah engkau membayar 400 dinar kepada yang membawa surat ini sebagai kafarat atas kelalaianmu’”

Ayah Rabi’ah terbangun kaget bercampur sumringah. Dia segera melaksanakan perintah Nabi Muhammad SAW sebagaimana diperolehnya dalam mimpi. Namun sang ayah tidak bisa menemui langsung sang gubernur. Karenanya, surat itu dititipkan kepada pasukan penjaga. Namun, justru gubernur Basrah sendiri yang kemudian mendatangi rumah keluarga Rabi’ah al-Adlawiyah sambil memberikan uang ratusan dirham. ***

Artikel dari https://matamaduranews.com/shalawat-nabi-saw-dan-kisah-menyentuh-rabia-al-adawiyah/

Mon, 29 Mar 2021 @11:37

Copyright © 2021 Misykat · All Rights Reserved