Rubrik
Terbaru
Kirim Artikel & Pertanyaan

ke email: abumisykat@gmail.com

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

RSS Feed
Minat beli buku klik covernya
image

Minat BUKU hubungi WA Misykat

AUDIO KAJIAN ISLAM

Instagram MisykatNet
image

.

Follow Twitter Misykat
image

Silahkan ikuti Twitter Misykat

YouTube Misykat TV
image

Subscribe Channel Misykat TV

TATA CARA SHALAT

PENGUNJUNG

Flag Counter

(Sekadar) Memetakan Aliran Islam Modern

image

Kalau berpijak kepada Harun Nasution bahwa aliran-aliran Islam modern dapat dilacak dari awal abad modern yang ditandai dengan munculnya gerakan pembaruan Islam (tajdiyah). Secara pola pemikiran, Islam modern dibagi dalam dua model: ekstrem dan progres. Untuk gerakan tajdiyah ekstrem dapat dilihat dari gerakan kaum revivalis Islam pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 yang dipelopori oleh gerakan Wahabiyah di Arab, Sanusiyah di Afrika Utara, Fulaniyah di Afrika Barat, dan gerakan Paderi di Sumatera (Indonesia).

selengkapnya...

Wed, 1 Dec 2021 @12:17

Novel Kontemporer: Dari Inspirasi Nabi ke Sejarah

image

Sekarang ini dunia sastra, khususnya novel di Indonesia lagi ramai dengan novel sejarah dan profetis. Beberapa penerbit sejak awal 2009 dan 2010 pada menerbitkan novel bernuansa sejarah dan profetik. Ada novel yang bercerita tentang Muhammad dan nabi-nabi Islam. Dari mulai yang sekadar berdakwah, juga yang memberikan penafsiraan baru atas setiap peristiwa profetis.

selengkapnya...

Wed, 1 Dec 2021 @12:12

Imam Jafar Shadiq as dan Universitas Islam

image

Pada zaman Imam Jafar as, begitu banyak pemikiran dan kepercayaan sesat yang menggoncang keimanan masyarakat. Kemudian Imam Jafar bekerja keras memeranginya. Dalam rangka itu, Imam Jafar mendirikan

selengkapnya...

Wed, 1 Dec 2021 @12:00

Menunda Kematian

image

Di masa Nabi Daud as, ada seorang pemuda yang menjadi muridnya. Suatu ketika, Nabi Daud bersama pemuda itu di rumahnya, maka datanglah malaikat maut mengucapkan salam. Malaikat itu memandang tajam pemuda tersebut.

selengkapnya...

Thu, 25 Nov 2021 @13:05

Islam Minimalis, Islam Maksimalis [by Haidar Bagir]

image

Ruwet bin Kusut. Habis energi kaum Muslim buat ngurusi hal-hal yang mestinya tak harus diurusi. Ditambah lagi syahwat untuk saling menumpas, yang dikhayalkan dibenarkan oleh ajaran Islam. Maka meroyaklah potensi konflik dan kekerasan yang mengerikan. Tidak cuma terhadap non-Muslim, tapi di antara berbagai kelompok dalam lingkungan internal Islam itu sendiri.

selengkapnya...

Thu, 25 Nov 2021 @11:38

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 »

Copyright © 2021 Misykat · All Rights Reserved