image

E-MAIL: redaksi@misykat.net

SYARAFUSYAM (NAJAF-IRAK)
image

INILAH BATU AKIK SYARAFUSYAM dari Najaf, Irak. Bagi yang memerlukan bisa SMS pada nomor: 0812 2391 4000

BUKU YANG DIJUAL
ISLAM QUEST
MAJELIS ILMU & DOA

KH Jalaluddin Rakhmat & Ustadz Miftah FR. Setiap hari Minggu, jam 07.30 di Masjid Al-Munawwarah, Jl. Kampus IV Babakan Sari, Kebaktian, Kiaracondong, Bandung. Informasi SMS: 0812 239 14000

PENGUNJUNG

Tahun ini, Asyura Menyapa Istimewa [Miftah Fauzi Rakhmat]

image

Tahun ini, Asyura kembali menyapa. Sepuluh hari pertama bulan baru Islam ditandai dengan warna dukacita. Baju hitam kukeluarkan. Tanda berkabung siap dimulai. Segala hal yang mengingatkanku pada Al-Husain aku kenakan. Ini cincin yang pernah menyentuh pusaramu. Ini dahi yang pernah sujud pada Tuhan di halaman keabadianmu. Ini bendera yang pernah berkibar di hadapanmu. Dan ini keluargaku, wahai Imam, yang kuharap beroleh syafaatmu. Ini aku dan sahabat-sahabatku, yang merindukanmu dari serpihan kisahmu yang telah mengoyak hati kami. Dan ia tak pernah berhenti berdarah. Inilah luka yang tak mau kusembuhkan.

selengkapnya...

Thu, 30 Oct 2014 @18:02

Asyura dan Karakter Islam Nusantara [Ahmad Baso]

image

Salah satu kekuatan tradisi Syiah maupun Sunni di Nusantara adalah kemampuannya membentuk Islam berkarakter moderat, toleran dan akomodatif terhadap kebudayaan lokal. Seperti ditunjukkan pada kemunculan kesultanan Islam pertama di Indonesia, Pasai, yang berkultur Syiah, hingga kehadiran Walisongo di Jawa.

selengkapnya...

Wed, 29 Oct 2014 @16:14

Kapan Nabi Menangis? Tinjauan Hadits [KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Pada suatu hari Rasulullah Saw berkunjung ke Masjid Bani Zhafar, sebuah kabilah yang tidak jauh dari Madinah. Lalu Rasulullah duduk di atas batu yang kebetulan berada di Masjid Zhafar. Sekedar gambaran saja, masjid-masjid dahulu itu tidak beratap dan tidak berlantai tikar. Jadi tanah saja langsung. Waktu haji yang lalu, saya berkunjung ke sebuah masjid yang dibangun untuk mengenang Baiatur Ridwan.

selengkapnya...

Wed, 29 Oct 2014 @15:29

Apakah ada dalil memukul dada (menunjukkan duka) untuk Imam Husain As?

image

Tolong jelaskan sebab dan sumber memukul dada atau secara umum memukul diri demi menunjukkan duka atas tragedi yang menimpa Imam Husain As? Dalam pencarian yang saya lakukan saya tidak menemukan riwayat yang menyatakan bahwa Rasulullah Saw menganjurkan hal tersebut. Apakah Rasulullah Saw melakukan amalan sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang Syiah dalam majelis duka Imam Husain As? Apabila memang demikian adanya dalam kitab apakah anjuran ini disampaikan?

selengkapnya...

Wed, 29 Oct 2014 @15:28

Menyambut Bulan Duka Cita [Miftah F.Rakhmat]

image

Satu saat, ketika keluarga suci itu sedang bersama, berkatalah Sayyidah Fatimah kepada ayahnya: 'Wahai ayah, pada masa seperti apakah terbunuh putraku Husain?

selengkapnya...

Mon, 27 Oct 2014 @21:19

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 »

Copyright © 2014 Misykat · All Rights Reserved