image

E-MAIL: redaksi@misykat.net

SYARAFUSYAM (NAJAF-IRAK)
image

INILAH BATU AKIK SYARAFUSYAM dari Najaf, Irak. Bagi yang memerlukan bisa SMS pada nomor: 0812 2391 4000

BUKU YANG DIJUAL
ISLAM QUEST
MAJELIS ILMU & DOA

KH Jalaluddin Rakhmat & Ustadz Miftah FR. Setiap hari Minggu, jam 07.30 di Masjid Al-Munawwarah, Jl. Kampus IV Babakan Sari, Kebaktian, Kiaracondong, Bandung. Informasi SMS: 0812 239 14000

PENGUNJUNG

KH.Dr. Jalaluddin Rakhmat Dalam Diskusi Buku: Keliru, 1 Muharam Hijrah Rasul

image

Sejarah Islam seperti hijrah Nabi Muhammad saw harus segera diluruskan. Terjadi salah kaprah dan anggapan salah mengenai sejarah hijrah ini. Kalau Anda mengira peringatan 1 Muharam sebagai awal Nabi Muhammad hijrah dari Mekah ke Madinah, maka keyakinan itu salah besar.

selengkapnya...

Sat, 25 Oct 2014 @12:18

Asyura [KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Sepuluh Muharam dalam bahasa Arab disebut Asyura. Orang Jawa menyebutnya Suro. Di beberapa daerah Jawa Barat, hari itu biasanya dirayakan dengan membuat bubur merah putih: bubur sura. Sudah sukar menemukan orang tua yang dapat menjelaskan asal usul upacara itu. Para ulama yang ditanya menjelaskan disunatkannya puasa pada waktu hari itu. Mengapa? Karena hari itu adalah hari pertolongan Allah pada para nabi dalam menghadapi orang-orang zalim.

selengkapnya...

Sat, 25 Oct 2014 @12:16

Sejarah Islam: Khadijah, Hijrah, dan Kalender Islam

image

Kehidupan Nabi bersama Khadijah seharusnya banyak meninggalkan informasi tentang rumah tangga, cara mendidik anak, dan urusan keluarga. Begitu juga riwayat kehidupan Rasulullah saw bersama Ahlulbait (Sayidah Fathimah, Ali bin Abi Thalib, dan cucu Rasulullah saw: Imam Hasan, Imam Husain, dan Sayidah Zainab) seharusnya menjadi hadis atau sumber-sumber yang berkaitan dengan Rasulullah saw. Anehnya, dalam buku-buku agama khususnya hadis sangat jarang kita temukan hadis atau riwayat dari Ahlulbait?

selengkapnya...

Sat, 25 Oct 2014 @12:16

Jalaluddin As-Suyuthi, Abu Mikhnaf, dan Karbala (2) [KH.Jalaluddin Rakhmat]

image

Pada tanggal 10 Muharram ini, seluruh peristiwa Karbala itu akan berulang kembali di hadapana kita tidak dalam bentuk cerita atau tulisan. Tetapi dalam bentuk artefaks. Di sana terdapat tempat tangan Abu al-Fadhl Abbas ditebas, tempat jatuh tangan kirinya, tempat kemah-kemah yang dibakar oleh Amir bin Jausyan dan balatentaranya. Semuanya masih tersimpan dengan baik dan semua orang berusaha merekonstruksi peristiwa itu sekali lagi.

selengkapnya...

Fri, 24 Oct 2014 @14:03

Jalaluddin As-Suyuthi, Abu Mikhnaf, dan Karbala (1) [KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Saya ingin mengomentari artikel yang dimuat di surat kabar Republika hari ahad, 12 Desember 2010 ditulis oleh Syahrudin Elfikri. Di ujung ia mengatakan begini: Riwayat yang mengatakan pihak Yazid sebagai pembunuh Husain di Karbala itu berasal dari Abu Mikhnaf Luth bin Yahya.

selengkapnya...

Thu, 23 Oct 2014 @19:48

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 »

Copyright © 2014 Misykat · All Rights Reserved