Rubrik
Terbaru
MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Diam Itu Emas [by Dr KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Menurut Sayyid Haidar Amuli, jika kita menutup mulut untuk tidak bicara, itu berarti kita mengizinkan hati kita untuk bicara lebih banyak. Sebenarnya kita memiliki hati yang selalu mengajak kita berbicara. Salah satu pembicaraan hati adalah mengecam perilaku-perilaku kita yang kurang baik. Seperti disebutkan dalam Al-Quran: Sungguh aku bersumpah demi hati yang selalu mengecam. (QS Al-Qiyamah: 2)

selengkapnya...

Thu, 25 Oct 2018 @19:33

Jalaluddin Rakhmat dan Paradigma Islam Madani

image

Dalam perspektif Kang Jalal, secara global ada tiga paradigma pemahaman keislaman di Indonesia. Pertama, Islam fiqhi. Paradigma Islam fiqhi lebih memusatkan perhatian pada ajaran fiqih yang dipraktikkan sehari-hari. Islam menjadi sangat ritual. Kesalehan diukur dari pengamalan-pengamalan ritualistik.

selengkapnya...

Thu, 25 Oct 2018 @19:31

BENDERA ISIS DAN HTI BUKAN BENDERA ISLAM, BUKAN BENDERA TAUHID, BUKAN PULA BENDERA RASUL! [by Prof. Nadirsyah Hosen, Ph.D]

image

ISIS dan HTI sama-sama mengklaim bendera dan panji yang mereka miliki adalah sesuai dengan Liwa dan rayah-nya Rasulullah. Benarkah? Enggak! Kalau klaim mereka benar, kenapa bendera ISIS dan HTI berbeda design dan khat tulisan arabnya?

selengkapnya...

Tue, 23 Oct 2018 @10:40

Bung Karno dan Islam Nusantara [by Dr Asep Salahudin]

image

BAGI saya, Bung Karno bukan hanya pemikir yang bergulat dengan tema-tema seputar demokrasi, sosialisme, nasionalisme, kapitalisme, marxisme, dan ide Barat lainnya, melainkan juga dengan islamisme. Kalau hari ini ramai dipercakapkan gagasan Islam Nusantara, pada titik tertentu, wacana ini mendapatkan personifikasinya pada sosok Bung Karno walaupun dia tidak datang dari kelompok santri, tetapi pemikiran Islamnya melambangkan bagaimana Bung Besar menafsirkan keyakinannya secara progresif dan kontekstual.

selengkapnya...

Mon, 22 Oct 2018 @17:55

« 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 »

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved