Rubrik
Terbaru
Kirim Artikel & Pertanyaan

ke email: abumisykat@gmail.com

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

RSS Feed
Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

Instagram MisykatNet
image

.

Follow Twitter Misykat
image

Silahkan ikuti Twitter Misykat

YouTube Misykat TV
image

Subscribe Channel Misykat TV

TATA CARA SHALAT

PENGUNJUNG

Flag Counter

KANG JALAL TELAH MENEPATI JANJI [by Dr Muhsin Labib]

image

Ketika Revolusi Islam meletus, nama Iran, Khomeini dan Syiah baru terdengar di seantero dunia Islam, termasuk Indonesia. Tatkala umat Islam tercengang oleh kharisma spektakuler Imam Khomeini dan para pemuda di Indonesia bertanya-tanya apa di balik pria tua bersorban itu hingga mampu menggerakkan para pemuda untuk menumbangkan monarki berusia 1000 tahun, Muthahhari dan Syariati tampil sebagai jubir melalui karya-karya mereka.

selengkapnya...

Thu, 18 Feb 2021 @14:56

Kang Jalal, Sang Susi (Sunni-Syiah) Berpulang [by Mukti Ali Qusyairi]

image

Kang Jalal membawa IJABI sebagai Syiah Nusantara, Syiah yang mengedepankan taqrib al-madzhahib, mendekatkan madzhab Syiah dengan madzhab Sunni, tidak mempertajam perbedaan, dan melarang melakukan umpatan kepada seluruh sahabat Nabi dan Aisyah istri Nabi karena Rahbar Ali Hamanie Iran sendiri melarangnya. Istri Nabi dan seluruh sahabat Nabi harus dihormati.

selengkapnya...

Thu, 18 Feb 2021 @14:42

Mengenang KH Dr Jalaluddin Rakhmat (1949-2021): dari Al-Qurah Syiah hingga Belajar Dakwah [by ABDUL MOQSITH GHAZALI]

image

Di antara eksponen pembaharu Islam Indonesia seperti Gus Dur, Cak Nur, dan Mas Djohan Effendi, Kang Jalal (panggilan akrab K.H Dr. Jalaluddin Rakhmat) adalah yang paling muda. Jika Cak Nur lahir pada 17 Maret 1939, Mas Djohan lahir pada 1 Oktober 1939 dan Gus Dur pada 4 Agustus 1940, maka Kang Jalal lahir pada 29 Agustus 1949. Walau Kang Jalal paling muda dari sudut usia, di berbagai riset dan artikel yang mengupas soal pembaharuan Islam Indonesia nama Kang Jalal selalu ditulis sejajar dengan Gus Dur, Cak Nur, dan Mas Djohan.

selengkapnya...

Thu, 18 Feb 2021 @14:12

BENARKAH BELIAU PROF JALALUDDIN RAKHMAT [by Ustadz Abu Syirin Al-Hasan]

image

Majma Taqrib atau dikenal dengan Lembaga Internasional Pendekatan Mazhab-Mazhab Islam adalah lembaga yang dibentuk pada tahun 1991 atas perintah pemimpin tertinggi Iran, Imam Ali Khamenei. Lembaga ini setiap tahun mengundang tokoh-tokoh Islam dari seluruh dunia untuk duduk bersama membahas problematika dunia Islam dan mencari solusinya. Pertemuan ini berlangsung pada bulan kelahiran Rasulullah saww yang dikenal setelah itu, hafte e wahdat atau pekan persatuan. Untuk itu Dewan tinggi Majelis selalu memilih anggota Majelis Umum dari kalangan ulama, pemikir, dan cendekiawan Dunia Islam yang berprinsip pendekatan mazhab-mazhab Islam untuk masa bakti enam tahun dan untuk Asia Tenggara anggota majelis umum salah satunya adalah KH Jalaluddin Rakhmat.

selengkapnya...

Thu, 18 Feb 2021 @14:01

Ustaz Jalal dan Upaya Pribumisasi Maktam [by Arif Mulyadi]

image

Istilah pribumisasi yang saya maksud adalah proses pembahasaan dakwah dengan menggunakan bahasa setempat. Istilah ini semula dilontarkan Gus Dur ketika ia melemparkan gagasan, salah satunya, bahwa ucapan salam islami Assalamualaikum bisa diganti dengan selamat pagi, selamat siang, dst. Kontan, gagasan ini mendapat kritikan, bahkan cacian.

selengkapnya...

Thu, 18 Feb 2021 @13:43

« 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 »

Copyright © 2021 Misykat · All Rights Reserved