Rubrik
Terbaru
BERBAGI BUKU

TULIS nama, alamat & HP/WhatsApp pada KONTAK

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

Twitter Kata Hikmah 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Mulyadhi Kartanegara: APAKAH KITAB SUCI ITU FIKSI? Sebuah Refleksi Personal

image

Menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan tema ini (Kitab Suci itu Fiksi), inilah jawaban subjektifku. Dari beberapa kamus bahasa Inggris, kata fiksi mengandung pengertian invented atau untrue. Invented artinya, dibuat-buat (concocted), dikarang-karang (trumped up) oleh manusia. Fiksi juga disamakan dengan fantasi, ilusi, fancy khayalan liar), lalu dikatakan untrue karena mengandung arti tidak benar, berita bohong(fake news), bohong (untruth, falsehood), nonsense). Jadi, secara umum, kata fiksi berkonotasi negatif.

selengkapnya...

Sun, 10 Feb 2019 @10:18

Peristiwa yang Menimpa Sayidah Fatimah as setelah wafat Rasulullah Saw?

image

Mohon jelaskan peristiwa apa yang telah menimpa Sayidah Fatimah Zahra as setelah wafat Rasulullah Saw? Mohon jawab pertanyaan ini berdasarkan sumber-sumber valid dan terpercaya.

selengkapnya...

Wed, 6 Feb 2019 @15:04

Bible dan Al-Quran: Seri kelas Islam dan Teologi Kristen [by Munim Sirry]

image

Minggu ini kita mendiskusikan hubungan al-Quran dan Bible. Kita mencoba untuk melampaui perbincangan yg sudah umum tentang tahrif, yakni tuduhan bahwa kaum Kristiani telah mendistorsi kitab suci, atau bahwa Bible tidak otentik. Ada banyak alasan untuk menguburkan diskusi tdk produktif semacam itu. Pertama, al-Quran mengakui secara eksplisit otentisitas Bible sebagai bersumber dari Allah. Kedua, setiap kali menyebut Taurah atau Injil, nada al-Quran selalu positif. Misalnya, di dalamnya terkandung petunjuk dan cahaya atau hukum dan peringatan. Ketiga, bahkan saat mengkritik sikap kaum Kristiani terhadap kitab sucinya sekali pun tidak jelas apa yang dikritik al-Quran.

selengkapnya...

Wed, 6 Feb 2019 @09:01

Belajar Filsafat bersama Sayyidina Ali [by Aris Comandante]

image

Ilmu adalah Cahaya, ungkap Sayyidina Ali dari Rasulullah. Jika matan yang sangat umum didengar oleh khalayak muslim hingga hari ini sahih adanya, maka hadis yang sangat singkat ini hanya bisa dijelaskan secara filosofis oleh pintu ilmu Nabi. Banyak penjelasan syar'i atas hadis ini, tapi tidak banyak penjelasan falsafi atasnya. Kenapa ilmu dimetaforkan sebagai cahaya itulah pertanyaan awal yang harus dimendasarkan. Manifestasi cahaya yang paling terang adalah matahari (sang surya). Jangkauan cahaya adalah cakrawala (aafaaq, ufuq). Cahaya siang hari menyinari dalam jangkauan, ufuk timur hingga ufuk barat. Semakin jauh dari cahaya, semakin sedikit mendapatkan pendarnya. Semakin dekat dari cahaya (matahari) semakin banyak pencerahan didapatkan.

selengkapnya...

Mon, 4 Feb 2019 @10:20

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved