INFORMASI MISYKAT

Redaksi www.misykat.net menerima kiriman artikel/opini atau resensi buku. Silakan kirim melalui e-mail: abumisykat@gmail.com

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

Twitter Kata Hikmah 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

KH Jalaluddin Rakhmat: Ramadhan adalah Bulan Tuhan dan Bulan Persaudaraan (1)

image

Wahai manusia, sudah datang kepada kalian bulan Tuhan yang membawa berkat, rahmat, dan ampunan; bulan yang paling utama di sisi Tuhan dari bulan mana pun. Paling utama hari-harinya, malam-malamnya, bahkan jam demi jamnya. Inilah bulan ketika kalian diundang untuk menjadi tamu-tamu Tuhan. Di bulan ini, kalian dijadikan orang-orang yang berhak memperoleh jamuan Tuhan. Di bulan ini, nafas kalian menjadi tasbih, tidur kalian ibadat, amal kalian diterima, dan doa kalian dijawab.

selengkapnya...

Wed, 1 May 2019 @16:45

Ketentuan Safar untuk Tidak Berpuasa dan Shalat Qashar menurut Lima Mazhab

image

Agama Islam sangat memahami kondisi umat manusia dan tidak memaksakan pelaksanaan syariat di luar batas kemampuan manusia atau saat kondisi tidak memungkinkan dilakukan dengan lengkap atau sempurna. Salah satunya terkait dengan ibadah shalat wajib di perjalanan dan ibadah shaum Ramadhan bagi orang Islam yang berada dalam perjalanan, ada ketentuan yang memberikan kelonggaran atau kemudahan untuk meringkas rakaat shalat wajib yang empat rakaat (qashar menjadi dua rakaat) dan tidak puasa (ifthar) selama dalam perjalanan (safar).

selengkapnya...

Wed, 1 May 2019 @16:45

Wanita Hamil Melakukan Puasa

image

SOAL: Saya sedang hamil melakukan shaum (puasa). Yang ingin saya tanyakan: jika saya tidak kuat kemudian muntah dan menyebabkan batal, apakah saya harus membayar fidyah plus qadha atau qadha saja?

selengkapnya...

Wed, 1 May 2019 @16:44

Marhaban Ya Ramadhan [by Dr KH Jalaluddin Rakhmat MSc]

image

Dalam Kitab Minhaj Al-Balaghah diriwayatkan khotbah Nabi Muhammad Saw menyambut bulan Ramadhan. Seperti biasa, khotbah Nabi itu singkat tetapi menyentuh hati. Di tengah-tengah khotbah, Nabi melayani pertanyaan para sahabatnya. Khotbahnya dialogis. Rasulullah Saw menguraikan kata-kata yang sederhana, tetapi mengandung muatan makna yang dalam. Di bawah ini kita memuat lagi sebagian khotbah itu dan memberikan catatan pada bagian-bagian yang sering dilupakan kaum Muslimin.

selengkapnya...

Tue, 30 Apr 2019 @19:29

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved