Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

Sayyid Fadhlullah: Lingkungan Berpengaruh dalam Pendidikan

image

Islam telah menjelaskan tentang pengaruh kuat lingkungan dalam hadis: setiap bayi dilahirkan atas fitrah, hanya saja kedua orang tuanya yang membuatnya menjadi Yahudi, Majusi, atau Nasrani. Di sini, terdapat penekanan bahwa kedua orang tua sangat berperan dalam memberikan pengaruh terhadap anaknya secara langsung, sebelum faktor lain. Oleh karena itu, Islam melarang pernikahan dengan wanita cantik yang berasal dari keluarga bejat. Dalam sebuah hadis terkenal disebutkan: Janganlah kalian menikahi hadhra al-diman. Para sahabat bertanya: Siapakah hadra al-diman itu? Rasulullah saw menjawab: Wanita cantik yang berasal dari keluarga yang buruk.

selengkapnya...

Wed, 14 Oct 2020 @11:54

Tor Andrae: Sejawat dalam Kafilah Tuhan [by KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Kemenangan orang-orang Arab menunjukkan sikap yang sangat ramah terhadap umat Kristiani di negeri-negeri yang mereka taklukkan. Hampir tidak ada keluhan dari pihak gereja Kristen.

selengkapnya...

Wed, 14 Oct 2020 @11:48

Mengapa Zat Tuhan Tidak Bisa Kita Ketahui? [by Mulyadhi Kartanegara]

image

Sudah lama para filosof berbicara tentang ketidakmungkinan kita mengenal zat atau esensi Tuhan sehingga muncullah istilah negative theology atau via negativa. Kaum Neo-Platonis menyebut Tuhan, the Great Unknown. Kaum Taois di Cina, pernah mengatakan, kalau ada orang yang mengatakan inilah Tao maka pasti itu bukanlah Tao. Budha sendiri juga memandang sia-sia orang menanyakan tentang hakikat Tuhan. Ketika ditanya apa itu Tuhan, beliau menjawab, lebih baik kita tidak menanyakan itu, tapi tanyakan bagaimana cara mendekatkan diri pada-Nya.

selengkapnya...

Tue, 13 Oct 2020 @10:12

Ikhtisar Sahabat menurut Al-Quran (2) [by Jalaluddin Rakhmat]

image

Di antara adab mukmin kepada Rasulullah saw ialah membuatnya rido dan tidak menyakitinya. Tetapi semua Nabi as disakiti bukan saja oleh orang-orang kafir, tetapi juga oleh para sahabatnya yang mengetahui dan mengakui kenabian mereka. Nabi Musa as disakiti kaumnya.

selengkapnya...

Mon, 12 Oct 2020 @09:12

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved