Rubrik
Terbaru
Kirim Artikel & Pertanyaan

ke email: abumisykat@gmail.com

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

RSS Feed
Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

Instagram MisykatNet
image

.

Follow Twitter Misykat
image

Silahkan ikuti Twitter Misykat

YouTube Misykat TV
image

Subscribe Channel Misykat TV

TATA CARA SHALAT

PENGUNJUNG

Flag Counter

Aneka Ragam Cara Sambut Ramadhan

image

Yang paling mengejutkan, malam Kamis (25 Mei 2017) di Kampung Melayu, Jakarta, terjadi ledakan bom bunuh diri. Apakah kejadian tersebut sebuah sambutan untuk bulan suci Ramadhan? Jika benar, tentu alangkah buruknya itu perilaku. Mengingatkan saya pada Bassam Tibi tentang Islamisme yang dinyatakan gerakan yang menghalalkan cara-cara kekerasan dan gaya bomber untuk mewujudkan tujuan dari gerakannya.

selengkapnya...

Sun, 11 Apr 2021 @18:02

Jangan Kamu Bakar Taman Surgamu! [by Jalaluddin Rakhmat]

image

Bayangkan dalam benak Anda kehadiran Anda pada pengadilan Ilahi. Ditumpukkan di hadapan Anda seluruh kebaikan Anda. Luar biasa banyaknya. Sebanyak pegunungan Tihamah. Anda melonjak gembira. Tiba-tiba didatangkan api besar yang membakar habis semua. Amal Anda tidak lagi sebanyak bukit-bukit Tihamah, tetapi menjadi debu yang dicerai-beraikan.

selengkapnya...

Mon, 5 Apr 2021 @12:08

Marhaban Ya Ramadhan [by Jalaluddin Rakhmat]

image

Dalam Kitab Minhaj Al-Balaghah diriwayatkan khotbah Nabi Muhammad Saw menyambut bulan Ramadhan. Seperti biasa, khotbah Nabi itu singkat tetapi menyentuh hati. Di tengah-tengah khotbah, Nabi melayani pertanyaan para sahabatnya. Khotbahnya dialogis. Rasulullah Saw menguraikan kata-kata yang sederhana, tetapi mengandung muatan makna yang dalam. Di bawah ini kita memuat lagi sebagian khotbah itu dan memberikan catatan pada bagian-bagian yang sering dilupakan kaum Muslimin.

selengkapnya...

Mon, 5 Apr 2021 @12:05

Wawancara Jalaluddin Rakhmat: Mendudukkan Makna Pluralisme

image

Pada tingkat praksis, beberapa tahun belakangan ini negeri kita dinodai dengan dilakukannya tindak-tindakan anarkis terhadap penganut dan kelompok agama tertentu, oleh sekelompok pihak tertentu, dengan mendasarkannya pada legitimasi teologis. Kekerasan atas nama agama digunakan sebagai postulasi untuk menepis pluralitas keagamaan. Pada tingkat wacana, gagasan tentang pluralisme keagamaan sedang menjadi topik segar. Bagaimana gagasan pluralisme keagamaan dalam sorotan tokoh keagamaan Indonesia? Berikut petikan wawancara Tim Redaksi KEBEBASAN, Tantowi Anwari dan Syifa Amin Widigdo, dengan intelektual Islam Indonesia, Prof. Dr. Jalaluddin Rakhmat.

selengkapnya...

Thu, 1 Apr 2021 @22:55

Resensi buku Islam Alternatif

image

Selesai juga baca buku Islam Alternatif karya Kang Jalal (Jalaluddin Rakhmat). Saya baca sekira dua pekan. Dicicil tiap hari saat di rumah. Saya baca saat ada luang waktu, sehingga (mohon maklum) kurang terserap "pengetahuan" yang terkandung dalam buku tersebut.

selengkapnya...

Thu, 1 Apr 2021 @22:52

« 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 »

Copyright © 2021 Misykat · All Rights Reserved